5 Langkah Cerdas Menyusun Acara Ulang Tahun Anak | SWARAKEPRI.COM
Gaya Hidup

5 Langkah Cerdas Menyusun Acara Ulang Tahun Anak

Foto Ilustrasi (IST)

BATAM – Anak Anda ulang tahun? Tentu saja, melakukan perayaan terhadap momen tersebut adalah hal wajib yang mesti dilakukan. Selain bikin bahagia, si Kecil dapat belajar tentang perayaan hari ulang tahun sebagai ajang untuk mengubah dirinya agar lebih baik.

Sebagai orang tua, tentu Anda ingin mempersembahkan yang terbaik untuk anak. Tak sekadar ucapan selamat ulang tahun dan memberikan kado, namun dia juga butuh sesuatu yang spesial dan tak akan pernah terlupakan seumur hidupnya.

Bagaimana tahap dan langkah cerdas menyusun rencana ulang tahun anak? Tak perlu bingung! Mulai sekarang, berikan yang terbaik untuk sang buah hati dengan memahami cara berikut:

1. Menyusun Tema

Banyak orang tua merasa lebih nyaman dengan tema yang dia tentukan sendiri tanpa melihat keinginan sang anak. Padahal, melibatkan anak untuk tahu melibatkan keinginan dirinya adalah cara yang tepat. Mulailah dengan menentukan segala hal bersama anak.
Tema yang ditentukan bakal mempengaruhi aspek undangan, dekorasi, permainan, hingga makanan. Tentukan tema yang benar-benar disukai oleh anak Anda, baik itu tentang olahraga, seni, tokoh kartun, superhero, flora dan fauna, serta masih banyak lagi.

2. Tentukan Daftar Tamu dan Undangan

Jika anak masih kecil, Anda dapat menentukan daftar tamu sendiri. Namun bila dia sudah beranjak cukup besar, misal di atas umur 4 tahun, ajak dia berdiskusi. Siapa tahu, si Kecil punya keinginan pribadi untuk mengundang siapa saja tamu yang berhak datang.

Selain informasi yang jelas seperti waktu, tanggal dan arah, sertakan detail khusus. Hal tersebut contohnya kostum sebagai persyaratan tamu undangan untuk menghadiri pesta ulang tahun. Persyaratan lainnya dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

3. Tempat Pelaksanaan

Jika ruangan dalam rumah dirasa tidak cocok untuk pesta anak, ada beberapa opsi di luar lokasi tersebut. Anda dapat memesan tempat di pusat rekreasi, restoran, dan lain-lain. Pesta yang jauh dari rumah biasanya bekerja lebih baik untuk anak di atas lima tahun.

Menggelar acara ulang tahun di luar rumah, biasanya mampu membuat anak untuk fokus pada keberlangsungan momen daripada lari ke sana dan ke sini. Terkadang, opsi yang satu ini dapat menjadi solusi buat si Kecil.

4. Dekorasi

Suasana adalah segalanya. Setelah memilih tema, gunakan kreativitas untuk mengatur ide dekorasi. Anak-anak memiliki kemampuan imajinasi secara alami. Cukup siapkan arena bermain dan peralatan saja, acara tersebut bisa ramai.

5. Menentukan Makanan

Bagi pesta yang berlangsung singkat, kue dan es krim adalah satu-satunya penyegar yang Anda butuhkan. Banyak anak kecil melihat kue sebagai titik fokus dari seluruh ritual ulang tahun, jadi pastikan untuk menyediakan kudapan satu ini.

Meski begitu, pertimbangkan untuk memiliki lebih dari satu rasa pada setiap kudapan. Anak kecil pada dasarnya lebih selektif dalam memilih makanan, namun tamu yang lebih tua dapat benar-benar menikmati apapun itu makanan yang tersaji.

Seperti semua aspek perencanaan pesta, cobalah untuk memberikan sentuhan pribadi favorit, mengubah sayap ayam menjadi sayap dinosaurus untuk pesta pre-historic atau menyediakan stik drum ayam untuk pesta orkestra. Sajikan makanan secara unik dan menggemaskan.

Lewat keseluruhan tema di atas, pastikan bahwa Anda telah menyesuaikan pengeluaran agar tidak menggila. Tak lupa, pastikan agar Anda memberi yang terbaik bagi si Kecil dengan diawali pemberian kartu ucapan selamat ulang tahun. Semoga sukses!

 

 

Editor : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top