51 Pelajar Dapat Beasiswa dari Pemko Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

51 Pelajar Dapat Beasiswa dari Pemko Batam

Penyerahan beasiswa bagi pelajar berprestasi, Selasa(2/5)/foto : Siska

BATAM – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pemko Batam menyelenggarakan program yang berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya.

Usai pelaksanaan Upacara Hardiknas 2017, Wali Kota Batam menyerahkan beasiswa kepada 51 pelajar yang lulus dalam undangan tes di 5 Perguruan Tinggi Negeri unggulan.

“Itu program saya, jadi anak-anak yang lulus undangan 5 Perguruan Tinggi, seperti UI, UGM, ITB, UNPAD dan IPB kita biayai sampai selesai kuliah, itu janji saya,” ungkap Wali Kota Batam usai mengikuti Upacara Hardiknas di Lapangan Tumenggung Abdul Jamal, Selasa (2/5).

Beasiswa tersebut diberikan secara simbolis kepada 5 orang tua murid, dengan nominal beasiswa berbeda satu dengan lainnya.

Beasiswa berprestasi bagi siswa yang Lulus ujian Program Studi Dokter Gigi di UGM mendapat beasiswa sebesar 20 juta rupiah per semester. Sementara bagi yang lulus ujian Prodi Teknik Industri ITB memperoleh beasiswa sebesar 10 juta rupiah per semester.

Sedangkan, siswa yang berhasil masuk Prodi Agribisnis Universitas Padjajaran Bandung mendapat bantuan beasiswa sebanyak 6,5 juta rupiah per semester. Selain itu, bagi lulusan yang berhasil masuk Prodi Ilmu Hukum di UI dan Manajemen Sumber Daya Perairan di IPB mendapat bantuan 5 juta rupiah.

“Kita juga bikin kontrak kepada mereka, setelah selesai, mereka harus kembali kepada pemerintah Kota Batam,” tegas Rudi lebih lanjut.

Adapun syarat yang diberlakukan diantaranya kuliah wajib diselesaikan dalam 4 tahun, kecuali untuk Prodi Kedokteran, dan mahasiswa asal Batam dituntut aktif dalam kegiatan kuliah.

“Tiap tahun kita akan minta laporan kepada Perguruan Tinggi apakah anak ini tiap hari masuk kuliah atau tidak, kalau tidak aktif akan kita panggil,” jelas Rudi.

Hingga saat ini, Pemko Batam memberikan kebebasan pemilihan Program Studi untuk kuliah. Namun ke depan, akan ada pembatasan jurusan atau Program Studi sesuai kebutuhan di daerah Batam.

 

 

Penulis : Siska

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top