Di PHK Sepihak, Ratusan Buruh PT Sentek Indonesia Mogok Kerja | SWARAKEPRI.COM
BATAM

7 Kali Gagal Berunding, Ratusan Buruh PT Sentek Indonesia akhirnya Mogok Kerja

Sebanyak 211 buruh Di PHK Sepihak oleh Perusahaan

BATAM – swarakepri.com : Peristiwa pengrusakan 8 unit mobil dan 1 motor yang dilakukan buruh yang berunjuk rasa pada bulan November tahun 2013 lalu akhirnya berbuntut tindakan Pemutusan Hubungan Kerja(PHK) sepihak oleh managemen PT Sentek Indonesia terhadap 211 buruh pada bulan Desember 2013 lalu.

Meskipun sudah diadakan perundingan hingga 7 kali di Polresta Barelang, tidak ada titik temu antara pihak buruh dan managemen perusahaan galangan kapal tersebut. Pihak managemen akhirnya mengambil kebijakan dengan melakukan PHK sepihak terhadap 211 buruh yang terdiri dari 114 anggota Serikat Pekerja Metal Indonesia(SPMI) Batam dan 97 buruh non-serikat.

Tindakan PHK sepihak oleh managemen kemudian direspon buruh dengan melakukan aksi mogok kerja dilokasi perusahaan di Sei Lekop, Kampung Becek Sagulung,Batam, pagi tadi, Senin(13/1/2014).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan alasan rugi dan melakukan efisiensi yang disebut managemen untuk melakukan PHK sepihak tidak bisa diterima buruh karena tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

Mekanisme PHK juga dianggap buruh melanggar ketentuan yang ada karena tidak melalui surat resmi melainkan hanya menempelkan nama-nama buruh yang di PHK dipapan pengumuman yang ada dilokasi perusahaan.

Salah seorang buruh yang dimintai tanggapannya mengenai aksi mogok tersebut mengaku bahwa aksi mogok ini akan dilakukan selama 4 bulan kedepan.

Sampai berita ini diunggah pihak Managemen PT Sentek Indonesia dan Disnaker Batam belum berhasil dikonfirmasi.(redaksi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 1 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top