Alur Sungai Belian Ditutup, Eceng Gondok Hantui Nelayan | swarakepri.com
BATAM

Alur Sungai Belian Ditutup, Eceng Gondok Hantui Nelayan

BATAM – Tertutupnya alur sungai Belian akibat kegiatan reklamasi yang saat ini sedang marak, semakin menyulitkan Nelayan Kampung Belian untuk mencari ikan.

 

Nelayan semakin sulit mencari ikan karena saat ini sungai Belian dipenuhi eceng gondok. Fenomena ini diduga karena sungai tersebut sudah berubah fungsi menjadi air tawar.

 

Tumbuhan air yang bernama latin Eichhornia crassipes ini tumbuh subur dan hampir menutupi seluruh tambak ikan yang berada di Kampung Belian.

 

Husein, salah satu nelayan mengeluhkan terjadinya fenomena eceng gondok ini karena dia harus masuk ke hulu sungai untuk menabur jaring ikannya.

 

“Biasa kita menjaring ikan disini, tapi sekarang kita harus masuk ke hulu sungai untuk pasang jaring. Disana masih ada sedikit ruang untuk menangkap ikan,” ujarnya pasrah.

 

Menurut Husein, Sungai Belian sebelumnya merupakan air asin, tapi kini sudah berubah menjadi air tawar.

 

“Dulu disini airnya asin, karena sungai di timbun, lama- kelamaan berubah jadi air tawar, karena alur sungainya sudah ditutup,” jelasnya.

 

Pantauan lapangan, hampir seluruh sungai Belian di tutupi eceng gondok. Tumbuhan air ini juga mengganggun jalur sampan nelayan untuk memberi makan ikan di keramba milik yang ada.

 

(red/tan)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + nineteen =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top