Aman : Semua Produk Makanan dan Obat Harus Disertifikasi | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Aman : Semua Produk Makanan dan Obat Harus Disertifikasi

Ketua Pansus Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis DPRD Kota Batam, Aman (Foto : Roni Rumahorbo)

BATAM – Ketua Panitia Khusus(Pansus) ranperda pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis DPRD Kota Batam, Aman mengatakan bahwa masyarakat akan terlindungi jika seluruh produk konsumsi dapat sertifikasi.

“Ketika nantinya ranperda tentang produk halal dan higienis disahkan jadi Perda, tentunya masyarakat Batam khususnya otomatis aman untuk mengkonsumsi produk-produk yang dipasarkan di Batam,” kata Aman seusai rapat paripurna DPRD Kota Batam, Senin(10/4).

Dalam rapat paripurna tersebut, Aman, Safari Ramadhan dan Suardi Tahirek terpilih sebagai ketua, wakil ketua dan sekretaris pansus ranperda pembinaan dan pengawasan produk halal dan higienis.

Menurut Aman, terkait dengan higienitas, kesehatan dan kebersihan suatu produk akan ada dicantumkan juga dalam pasal bahwa harus ada sebuah lembaga atau instansi tersendiri yang mempunyai kompetensi bisa memberikan sertifikasi.

Sementara untuk menentukan halal atau tidaknya produk tersebut pansus akan melibatkan beberapa pihak terkait untuk melakukan observasi apakah layak halal atau tidak.

“Tentu akan kita libatkan semua stakeholder yang ada di Batam. Yang kita libatkan MUI terkait produk halal, Dinkes dan BPOM terkait kebersihan maupun higienis,” ujarnya.

Dia berharap seluruh produk yang ada di Batam tanpa terkecuali harus didaftarkan, baik itu sertifikasi halal maupun higienis.

“Yang penting semua produk yang dapat dikonsumsi, baik itu makanan dan obat-obatan tanpa terkecuali harus disertifikasi, dan tata cara pengurusannya akan tercantum di dalam perda,” tutupnya.

 

 

Penulis : Roni Rumahorbo

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top