Amoeba Mirip Topi Penyihir Gandalf Ditemukan | SWARAKEPRI.COM
TEKNOLOGI

Amoeba Mirip Topi Penyihir Gandalf Ditemukan

Amoeba baru, Arcella Gandalfi dari Brasil. Dailymail.co.uk

SAO PAULO – Kebanyakan orang mengetahui, semua amoeba adalah makhluk bertubuh lunak. Pada kenyataannya, amoeba, yang termasuk dalam genus Thecamoeba, memiliki kulit punggung luar (carapace) yang keras.

Arcella gandalfi, spesies baru genus Thecamoeba yang ditemukan baru-baru ini, memiliki kemiripan dengan topi yang dikenakan oleh Gandalf, karakter penyihir dalam film The Lord of the Rings.

Penemuan amoeba baru ini berawal saat ahli biologi Jordana de Carvalho e Féres menemukan amoeba berjumlah banyak dalam sampel air yang dikumpulkannya dari Negara Bagian Amapá dan Rio de Janeiro, Brasil.

Bekerja dengan Tim Institute Bioscience University of São Paulo yang dipimpin oleh Prof. Daniel J. G. Lahr, Jordana dapat memperoleh pengukuran dan gambar yang diperlukan untuk mengumumkan A. gandalfi adalah spesies berbeda yang khas di Benua Amerika Selatan.

Dengan sebuah kulit punggung berukuran lebar 81 mikrometer dan tinggi 71 mikrometer, hal ini sebenarnya cukup besar untuk organisme bersel tunggal. Menilai dari banyaknya kulit Thecamoeba yang ditemukan dalam usus mikroorganisme predator, para peneliti menyatakan tidak mungkin bahwa kulit tersebut adalah bentuk pertahanan terhadap musuh-musuhnya.

Malahan, Lahr meyakini bahwa kulit itu sebagai sarana penyimpanan uap air, ketika ketinggian air yang berfluktuasi meninggalkan amoeba dalam keadaan kering . Selama masa tersebut, kulit amoeba juga dapat berfungsi sebagai alat perlindungan terhadap sinar ultraviolet matahari.
Sumber : TEMPO.CO

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 19 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top