Angin Kencang dan Gelombang Tinggi, Kapal Pelni Tujuan Anambas dan Natuna Gagal Berlayar – SWARAKEPRI.COM
Tanjung Pinang

Angin Kencang dan Gelombang Tinggi, Kapal Pelni Tujuan Anambas dan Natuna Gagal Berlayar

Foto: Ismail

TANJUNGPINANG-Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Imran mengungkapkan, pada 20 Febuari lalu, KM Sabuk Nusantara 83 Anambas dan Natuna putar balik ke pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang karena gelombang tinggi disertai angin kencang.

“Benar, kemarin ada kapal yang putar balik, kondisi cuaca tidak memungkinkan. Kapal berangkat dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang, sesampainya di perairan Merapat, kapal yang membawa ratusan penumpang itu putar balik karena gelombang lebih dari 4 meter,” ungkapnya pada Selasa (25/2/2020).

Dikatakan Imran, kapal tersebut belum bisa dipastikan kapan diberangkatkan kembali mengingat kondisi cuaca yang agak ekstrem.

“Kita belum tau ditunda sampai kapan, kita imbau para nakhoda agar selalu memperhatikan kondisi cuaca, jangan memaksakan untuk berlayar apabila kondisi cuaca tidak memungkinkan,” pungkasnya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angin di Pulau Bintan dinilai cukup kencang, kecepatannya bisa mencapai 10 hingga 40 KM/Jam.

“Iya, saat angin cukup kencang di Pulau Bintan, tidak hanya di laut saja yang berbahaya, di darat juga,” ujar Prakirawan Cuaca BMKG Tanjunginang, Ardhito di Kantor BMKG Tanjungpinang, Selasa (25/2/2020) pagi.

Ardhito menuturkan, untuk ketinggian Gelombang di perairan Tanjungpinang, Batam, Lingga dan Karimun setinggi sekitar 0.4-1,2 meter, perairan Bintan 0,8-3,8 meter dan perairan Anambas, Natuna setinggi 0,8-5,0 meter.

“Untuk hujan lokal diperkirakan hingga 3 hari ke depan. Yang jelas untuk kapten kapal tetap pantau cuaca sebelum berangkat, untuk nelayan kalau cuaca agak berbahaya jangan dipaksakan, untuk pengedara di darat hati-hati dalam berkendara apalagi melintasi pepohonan yang tinggi,” ujarnya.

(Ism)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top