AS Tutup 21 Kedutaan akibat Ancaman Al Qaeda | SWARAKEPRI.COM
DUNIA

AS Tutup 21 Kedutaan akibat Ancaman Al Qaeda

WASHINGTON – swarakepri.com : Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) akan menutup 21 kantor kedutaan dan konsulat yang ad di Timur Tengah, Afrika Utara dan sekitarnya akibat ancaman serangan dari jaringan teroris Al Qaeda.

Salah seorang pejabatt senior keamanan nasional di Yaman mengatakan bahwa ancaman kali ini diperkirakan jauh lebih buruk daripada yang telah terjadi dalam waktu yang panjang.

AS sendiri memiliki informasi bahwa anggota jaringan al Qaeda di Semenanjung Arab berada dalam tahap akhir perencanaan serangan yang belum ditentukan. Salah satu sumber mengatakan bahwa persiapan seperti itu tampaknya telah meningkat dalam beberapa hari terakhir menjelang akhir bulan suci Ramadan. Secara khusus, hari Minggu adalah Lailatul Qadar, yang merupakan salah satu momen paling suci dalam kalender Islam.

“Teroris dapat memilih berbagai cara dan senjata dan menargetkan kepentingan resmi maupun swasta. Warga AS diingatkan potensi teroris dalam menyerang sistem transportasi umum dan infrastruktur pariwisata lainnya,” ujar anggota parlemen New York Peter King, anggota Dewan Komite Intelijen.

Menurut pejabat AS yang tak ingin disebut namanya, tindakan pemerintah AS dalam menanggapi informasi intelijen ini menunjukkan potensi serangan di Yaman dan tempat lain di Timur Tengah serta Afrika Utara.

Berdasarkan intelijen, pejabat AS mengatakan, ada kekhawatiran khusus tentang Kedubes AS di Yaman antara Sabtu dan Selasa. Presiden Barack Obama telah mengarahkan para pejabat untuk mengambil semua langkah yang tepat untuk melindungi warga Amerika. Dia juga sempat memuji Presiden Yaman Abdo Rabu Mansour Hadi atas upaya negaranya dalam memerangi teroris setelah pertemuan Kamis (1/8) di Gedung Putih.

“Kami fokus pada Timur Tengah, tapi serangkaian potensi serangan benar-benar bisa terjadi hampir mana pun,” kata King.

Pada Jumat (2/8), Departemen Luar Negeri AS mengumumkan daftar 21 kedutaan dan konsulat yang akan ditutup Minggu (4/8) yang merupakan hari kerja di banyak negara Islam.

Sebanyak 17 kedutaan AS yang ditutup adalah Afghanistan, Aljazair, Bahrain, Bangladesh, Djibouti, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Libia, Mauritania, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Sudan dan Yaman. Kedutaan besar AS di Israel akan ditutup Minggu seperti biasanya.

Tindakan AS ini juga akan diikuti Inggris. Negara itu juga menyatakan akan menutup sementara kedutaan besarnya di Yaman saat anggota parlemen AS menyebut ancaman mungkin melibatkan jaringan Al-Qaeda di negara itu.

Pensiunan Jenderal James Mattis yang pernah menjabat Kepala Komando Pusat AS, yang bertanggung jawab untuk wilayah 20 negara yang meliputi Timur Tengah -mengatakan keputusan untuk menutup kedutaan menunjukkan realitas ancaman dan kebijaksanaan pembuat kebijakan AS.

Sebelumnya, Kedutaan AS telah terjadi di tempat-tempat seperti Yaman, Turki dan Tanzania. Selain itu, Al Qaeda di Semenanjung Arab merupakan salah satu cabang jaringan teroris yang paling aktif dan paling merusak.

“Kita harus ingat bahwa kita melawan musuh yang membunuh tanpa pandang bulu – apakah itu perempuan, anak-anak, diplomat – dan kedutaan besar kami telah salah sasaran,” kata Mattis.

Sumber : suarapembaruan.com

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 17 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top