Awas! Penipu Incar Orang Tua Siswa di Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Awas! Penipu Incar Orang Tua Siswa di Batam

BATAM – Masyarakat Batam khususnya orang tua siswa dihimbau untuk berhati-hati atas aksi penipuan dengan modus beasiswa bagi siswa berprestasi.Modus penipuan ini dialami oleh beberapa orang tua siswa di SD Negeri 006, Taman Raya, Batam Center, Selasa(23/2/2016) siang.

 

Seperti yang dialami oleh Anto, salah satu orang tua siswa di SD Negeri 006 Taman Raya Batam Center. Ia mengaku ditelepon oleh seseorang menggunakan nomor 0823 98445574 yang mengaku sebagai staf Tata Usaha(TU) bernama Faisal di Sekolah tersebut.

 

Dari balik telepon, penipu yang diduga sengaja mencatut nama staf TU itu mengatakan bahwa anak dari Yanto mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Pusat karena mendapatkan prestasi di sekolah.

 

“Dia kemudian meminta saya segera menghubungi perwakilan dari Sekolah bernama Teddy Hanura yang sedang menunggu pencairan beasiswa di Dinas Pendidikan Kota Batam,” jelasnya, Selasa(23/2/2016) sore.

 

Penipu ini kemudian mengirimkan nomor telepon temannya bernama Teddy Hanura tersebut dengan nomor 0853 13336785.

 

“Bapak hubungi teman saya sekarang, karena pencairannya hari ini(Selasa,red). Untuk lebih jelasnya nanti Bapak tanyakan saja sama pak Teddy,” ujarnya.

 

Anto kemudian menghubungi nomor tersebut dan kemudian diterima oleh seseorang yang mengaku bernama Teddy Hanura.

 

Dari balik telepon penipu ini mengaku mewakili Kepala Sekolah SD 006 Taman Raya untuk mencairkan beasiswa di Dinas Pendidikan Batam.

 

“Saya mewikili kepala Sekolah untuk mencairkan beasiswa anak Bapak. Anak bapak mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3,5 juta dari APBN yang disalurkan melalui Kementerian Pendidikan,” ujar Anto menirukan perkataan penipu tersebut.

 

Penipu tersebut kata Anto kemudian minta dikirimkan nomor rekening bank agar bantuan beasiswa tersebut segera ditransfer.

 

“Dia minta nama pemilik rekening, nomor rekening dan kantor cabang banknya dikirimkan,” ujar Anto.
Upaya penipu untuk memperdayai Anto ini nyaris saja berhasil. Tapi ketika ia akan mengirimkan nomor rekeningnya ke penipu tersebut, Anto dihubungi oleh wali kelas anaknya di SD 006 Taman Raya.

 

“Pak, kalau ada yang menelepon bapak dan mengaku dari pihak sekolah untuk menawarkan pencairan beasiswa jangan dipercaya, itu penipu pak,” ujar Anto menirukan penjelasan Wali Murid tersebut.

 

Anto mengaku sangat berterima kasih dengan langkah cepat yang dilakukan Wali Kelas SD Negeri 006 Batam Center tersebut untuk mengantisipasi adanya korban penipuan.

 

“Iya, langkah antisipasi pihak Sekolah sangat cepat. Mudah-mudahan orang tua siswa belum ada yang tertipu,” pungkasnya.

 

(red/rd)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + fourteen =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top