Bakamla Ajak Instansi Terkait Mengamankan dan Menjaga Laut | SWARAKEPRI.COM
KEPRI

Bakamla Ajak Instansi Terkait Mengamankan dan Menjaga Laut

Workshop Harmonisasi Kebijakan Keamanan dan Keselamatan Laut di Swissbel Hotel. Rabu(5/4)/ foto : Ika

BATAM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia menggelar workshop merangkai harmonisasi keamanan dan keselamatan di laut bersama berbagai instansi di Camelia Room, Swissbel Hotel Harbourbay Batam, Rabu(5/4).

Dalam kegiatan work shop yang mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan Keamanan dan Keselamatan Laut yang Terpadu antar Instansi Pemerintah” dihadiri berbagai instansi terkait diantaranya Bakamla RI, Bakamla Batam, Dirpolair Polda Kepri, Lanal Batam, Perhubungan Laut Kepri, Imigrasi DJBC Kepri dan PSDKP Kepri.

Direktur Kebijakan Kedeputian dan Strategi Bakamla RI Sucipto menjelaskan, dengan melibatkan stakeholder terkait, Bakamla RI menggelar workshop ini untuk meningkatkan harmonisasi menjaga kelautan.

“Tugas pokok dari Bakamla Patroli Laut akan lebih efektif dan efisien apabila dari berbagai stakeholder bekerjasama dalam mengamankan dan menjaga laut untuk menjamin keutuhan kelautan di perairan NKRI,” ujar Sucipto.

Sucipto menegaskan bahwa sinergitas antar stakeholder ini untuk saling berkoordinasi dalam patroli laut, dan sebagai upaya peringatan dini dalam mengupayakan agar laut di Kepri dan di perairan Indonesia terbebas dari ancaman dan kriminalitas di laut.

“Dengan melibatkan instansi terkait ini, nantinya kita juga akan menyatukan kebijakan-kebijakan secara bersama, dan kedepannya bisa lebih baik lagi,” kata Sucipto.

Dijelaskan bahwa keamanan laut terdapat lima pilar poros maritim dunia yakni budaya maritim, sumber daya maritim, insfratruktur koneksitas kemaritiman, diplomasi maritim dan pertahanan maritim.

“Mengenai kejahatan dilaut seperti perompakan di laut, Bakamla saat ini sudah membentuk unit reaksi cepat laut atau URCL di bakamla yang dipimpin oleh direktur operasional,” terangnya.

Pembahasan work shop selain bersilaturahmi antar instansi juga untuk menghimpun informasi mengenai pentingnya melihat kondisi kelautan saat ini di Kepri.

Workshop yang digelar satu hari ini juga dihadiri akademisi untuk memberikan pengetahuan tentang kelautan dan peduli akan sumber daya alam kelautan.

 

 

Penulis  : Ika

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + fifteen =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top