Basmi Berita Bohong dengan “Turn Back Hoax” | SWARAKEPRI.COM
TEKNOLOGI

Basmi Berita Bohong dengan “Turn Back Hoax”

JAKARTA – Khairul Anshar mengembangkan Crowdsource Application untuk membasmi berita-berita bohong atau HOAX. Aplikasi ini dibuat akibat maraknya berita bohong atau hoax akhir-akhir ini dan perbincangan di Facebook Grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax. Saat ini Turn Back Hoax masih dalam tahap pengembangan atau beta, kendati begitu fungsi-fungsi utama dari aplikasi tersebut sudah bisa digunakan.

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk berpartisipasi membasmi Hoax.

1. Untuk menggunakan Turn Back Hoax, Anda harus menggunakan pc atau laptop dan memakai peramban Google Chrome. Tambahkan ekstensi Turn Back Hoax yang bisa didapatkan di chrome web store.

2. Setelah diinstal, akan muncul tombol Turn Back Hoax di pojok kanan atas Chrome. Klik pada tombol tersebut.

3. Akan muncul tab pop up Turn Back Hoax. Pada tab ini Anda bisa memilih halaman web, pesan berantai atau gambar hoax. Turn Back Hoax akan menampilkan situs, pesan berantai atau gambar bohong berdasarkan laporan para penggunanya. Akan terlihat vote dari pengguna apakah situs, pesan ataupun gambar itu benar atau hoax.

4. Jika Anda ingin berpartisipasi dengan memberikan vote, lakukan login menggunakan akun Facebook pada aplikasi ini.

5. Lakukan verifikasi dengan membuka laman yang ingin Anda cek, kemudian mengeklik apakah laman itu Hoax atau bukan. Untuk mencegah robot menggunakan aplikasi ini, Anda harus memasukkan alasan sekurangnya 15 karakter.

6. Pada tab statistik Hoax halaman web bisa terlihat situs mana yang dianggap sebagai Hoax serta siapa saja pengguna yang menilai situs tersebut memberikan berita bohong. Ini dilakukan agar penilaian apakah suatu situs hoax dilakukan secara fair dan terbuka sehingga bisa diakses oleh siapa saja.

Saat ini Turn Back Hoax masih dalam pengembangan sehingga database yang dimilikinya masih sangat terbatas. Hal yang wajar karena Turn Back Hoax versi beta baru dirilis, Selasa (6/12). Turn Back Hoax bisa lebih efektif jika penggunanya semakin banyak melakukan kontribusi menyisir berbagai Hoax yang bertebaran di internet.
Bagaimana dengan Anda?

 

Sumber : BERITA SATU

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − twelve =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top