Batam Sumbang 85 Persen Inflasi di Kepri | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Batam Sumbang 85 Persen Inflasi di Kepri

Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra (foto : roni rumahorbo)

BATAM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam mengharapkan nilai inflasi Kota Batam bisa turun kurang dari 4 persen.

“Batam memiliki kontribusi inflasi Kepri 85%, sehingga kalau Batam bisa kita kendalikan maka inflasi Kepri akan turun,” jelas Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, Senin (6/2/2017).

Kata Gusti, besarnya nilai inflasi hingga awal 2017 ini masih didominasi harga sayur dan cabe yang melambung tinggi di pasar-pasar Kota Batam.

Tingginya komoditi pangan ini dikarenakan kota Batam itu sendiri tidak memiliki lahan pertanian dan pasar induk.

“Kita tidak punya lahan pertanian dan infrastruktur pasar,” terangnya.

Hingga saat ini Kota Batam yang berpenduduk 1,2 juta jiwa tidak memiliki pasar induk. Padahal keberadaan pasar induk ini penting sebagai acuan harga grosir karena stok sembako dari pasar induk akan mengalir ke pasar lain.

Tanpa ada TPID, nilai inflasi Batam akan membahayakan. TPID itu sendiri bekerja dengan dukungan BP migas, Pertamina & BP Batam.

Untuk menstabilkan harga pasar sekarang ini, Pemko Batam juga telah bekerjasama dengan Bulog untuk mendirikan RPK. Saat ini sudah ada 116 RPK di Kota Batam.

“Kita akan MoU dengan Kodim untuk membuka lahan pertanian, tetapi sekarang kajian lahan belum selesai,” ujar Wali Kota Batam Muhammad Rudi kepada SWARAKEPRI.COM terkait rencana memanfaatkan pulau untuk lahan khusus pertanian.

Kata Rudi, spabila TPID Kota Batam berhasil mengendalikan nilai inflasi dan mendapat predikat terbaik se-Sumatera, maka Pemko Batam akan
mendapatkan insentif dari Pemerintah Pusat sebesar 40 miliar rupiah.

 

Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top