Bawaslu : Kasus Politik Uang Ditemukan di 29 Daerah | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Bawaslu : Kasus Politik Uang Ditemukan di 29 Daerah

JAKARTA – SWARAKEPRI.com : Komisioner Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Nasrullah mengungkapkan, pihaknya telah menemukan praktek politik uang di 29 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Serentak, Rabu(29/12/2015).

“Pelanggaran tersebut mayoritas sudah diproses oleh Panitia Pengawas (Panwas). Namun, kemungkinan besar angkanya masih akan bertambah,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengakui ada beberapa kasus money politic di beberapa daerah, seperti yang ditemukan Bawaslu. Namun, dia tidak yakin data terkait kejadian itu berjumlah banyak.

“Kalau memang benar ada data (money politic) itu, data itu seberapa banyak? Apakah data itu bisa menyimpulkan kejadian secara general di Indonesia? Ada money politic di beberapa tempat dilaporkan kepada kita, memang iya. Tapi, itu sangat kasuistis dan kecil skalanya,” ujar Arief, Rabu (9/12/2015) malam di Jakarta.

Dengan demikian, kata Arief, tidak bisa disimpulkan bahwa pilkada tahun ini memiliki tingkat politik uang yang tinggi. Temuan Bawaslu dinilai tidak bisa mewakili tingkat politik uang di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Arief, KPU akan memeriksa lebih lanjut potensi temuan itu.

“Jadi nanti kita akan cek dulu. Kita punya 264 daerah yang melaksanakan pilkada, dengan sekian juta pemilih, dengan sekian banyak kecamatan, macam-macam. Terlalu besar Indonesia ini ya,” ujar Arief. (red/kom)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top