Besok, Pesawat Hercules TNI Antar Alat Medis RS Corona Pulau Galang – SWARAKEPRI.COM
BATAM

Besok, Pesawat Hercules TNI Antar Alat Medis RS Corona Pulau Galang

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama rombongan meninjau kesiapan RS Corona di pulau Galang/foto: shafix Swarakepri.com

BATAM-Alat-alat kesehatan rumah sakit khusus penyakit menular di eks kamp pengungsi Vietnam, Pulau Galang, Kota Batam, akan segera didatangkan. Direncanakan mulai beroperasi pada akhir Maret 2020 nanti.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, untuk memboyong seluruh penunjang medis itu ke rumah sakit ini, satu pesawat Hercules akan diterbangkan sebagai sarana transportasinya.

“Peralatan medis besok pagi akan mulai diantar ke Batam. Pesawat Hercules telah disiapkan untuk menjemputnya ke Jakarta,” kata Marsekal Hadi Tjahjanto, didampingi Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, dan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, saat peninjauan di Pulau Galang, Rabu (25/03/2020) pagi.

Setelah datang seluruh perlengkapan medis itu akan langsung diinstall (dipasang) oleh para pekerja. Sehingga targetnya, rumah sakit ini dalam tiga hari ke depan sudah bisa merawat pasien yang terpapar Covid-19 alias Corona.

“Obeservasi dan isolasi telah siap, termasuk sarana pendukungnya. Mari kita berdoa, semoga efektif,” katanya.

Pembangunan tahap pertama sudah rampung 78 persen, meliputi sebanyak 340 ruangan observasi dan sebanyak 50 kamar untuk isolasi. Fasilitas penunjangnya seperti, tekanan udara negative, oksigen, pendingin ruangan, serta kamat manid sudah siap.

“Kita sudah melihat proses pembangunannya hari ini, kesiapan sekarang sudah 78 persen. Dalam tiga hari mendatang sudah siap,” katanya.

Untuk diketahui, rumah sakit ini mulai dibangun sejak Minggu 8 Maret lalu. Pemerintah menargetkan persiapan rumah sakit tersebut akan selesai dalam waktu 20 hari.

Pembangunan terus dikebut sejak awal, dalam proyek ini ada sekitar 1.500 tenaga kerja dikerahkan yang terbagi dalam 3 jadwal. Mereka bekerja bergantian selama 24 jam penuh.

(Elang)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top