BI Gelar Layanan Penukaran Uang di Batam Selama Ramadhan 2018 | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

BI Gelar Layanan Penukaran Uang di Batam Selama Ramadhan 2018

BATAM – Bank Indonesia bekerjasama dengan Perbankan akan membuka layanan penukaran uang di 37 titik penukaran uang di Batam.

Strategi ini ditempuh lantaran kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri 2018 di Kepri diperkirakan akan meningkat hingga mencapai Rp 3 triliun, lebih tinggi dibandingkan kebutuhan pada masa Ramadhan dan Idul Fitri 2017 yang mencapai Rp 2,4 triliun.

“Pada periode puasa dan Idul Fitri biasa terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat karena adanya peningkatan transaksi,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, pada Minggu (20/05/2018).

Khusus di Batam, ia mengatakan BI akan membuka layanan penukaran uang di pusat keramaian pada tanggal 26 Mei 2018 di ruko Mega Legenda 2 dan lapangan parkir KFC Botania.

Selanjutnya, pada tanggal 2 Juni 2018, masyarakat dapat memanfaatkan layanan penukaran uang di halaman parkir food court pasar Tiban Center, halaman parkir ex gedung Hypermart Batu Aji dan lapangan komplek SP Plaza Batu Aji.

“Masyarakat dihimbau untuk menukar uang di tempat resmi karena kalau tidak resmi bisa mendapat uang palsu,” kata Gusti.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk menjaga uang yang dimiliki agar tidak mudah rusak dengan melakukan 5 JANGAN.

“Dalam menggunakan uang, masyarakat dihimbau untuk melakukan 5 JANGAN, yakni jangan dicoret, jangan disteples, jangan diremas, jangan dibasahi dan jangan dilipat,” paparnya.

Ia menambahkan, masyarakat juga tetap harus melakukan 3 D, dilihat, diraba, diterawang untuk mencermati dan meneliti keaslian uang rupiah yang dipegang.

 
Penulis : Siska

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top