BI Mencatat Kenaikan Harga Seragam Sekolah Juga Menyumbang Inflasi Kepri Pada Juni 2018 | SWARAKEPRI.COM
BATAM

BI Mencatat Kenaikan Harga Seragam Sekolah Juga Menyumbang Inflasi Kepri Pada Juni 2018

PELAKSANAAN UPACARA HARDIKNAS YANG DIIKUTI PERWAKILAN SISWA SD, SMP DAN SMA DI KOTA BATAM/FOTO: SISKA

BATAM – Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepri pada Juni 2018 tercatat sebesar 1,14% (mtm) atau lebih tinggi dibandingkan inflasi pada Mei 2018 yang sebesar 0,16% (mtm) dan lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional sebesar 0,59% (mtm).

Sedangkan secara tahunan, inflasi IHK Kepri pada Juni 2018 tercatat sebesar 4,06% (yoy). Angka inflasi tersebut juga masih lebih tinggi dibandingkan inflasi pada Mei 2018 sebesar 3,96% (yoy) dan inflasi nasional yang sebesar 3,12% (yoy).

“Inflasi Juni 2018 lebih tinggi dari rata-rata historisnya dalam 3 tahun terakhir sebesar 1,07% (mtm). Seluruh kelompok komoditas baik administered prices, volatile food, maupun inti menjadi pendorong inflasi Kepri pada Juni 2018,” jelas Kepala BI Kanwil Kepri, Gusti Raizal Eka Putra dalam keterangan pers yang diterima Swarakepri.

Inflasi pada kelompok administered prices cenderung dipengaruhi oleh peningkatan tarif angkutan udara menjelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Juni 2018. Secara total, kelompok administered prices mencatat inflasi 3,15% (mtm), lebih tinggi dibandingkan inflasi pada Mei 2018 sebesar 0,52% (mtm).

Sementara inflasi dalam kelompok volatile food dipengaruhi peningkatan harga jual bayam dan ikan selar dengan total inflasi volatile food sebesar 1,58% (mtm).

“Kenaikan harga bayam disebabkan oleh pasokan yang sedikit karena keterbatasan produksi pada saat cuaca yang tidak mendukung dimana justru terjadi peningkatan permintaan di saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Cuaca buruk juga menyebabkan harga ikan selar mengalami kenaikan pada Juni 2018,” jelas Gusti.

Di sisi lain, jelang tahun ajaran baru menjadi pendorong adanya kenaikan harga seragam sekolah anak yang menjadi penyumbang tertinggi inflasi kelompok inti dengan total nilai inflasi dalam kelompok tersebut sebesar 0,14% (mtm).

Dalam hal ini, inflasi kelompok inti pada Juli 2018 yang dipengaruhi kenaikan harga seragam sekolah juga tetap perlu diantisipasi mengingat hingga saat ini, orang tua murid masih sibuk mempersiapkan kebutuhan anak jelang berakhirnya libur sekolah dan dimulainya tahun ajaran baru pada pertengahan Juli 2018.

Editor : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + fifteen =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top