Bommen Hutagalung Gantikan Posisi Almarhum Rekaveny | SWARAKEPRI.COM
POLITIK

Bommen Hutagalung Gantikan Posisi Almarhum Rekaveny

gedung dprd kota batam dilihat dari lantai 5 kantor wali kota/foto : Roni rumahorbo

BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah menentukan pengganti Rekaveny Soerya di DPRD Batam. Hasil Pleno KPU Kota Batam 31 Maret lalu, Bommen Hutagalung berhak menduduki kursi Legislatif yang ditinggal Rekaveny.

Seperti diketahui, PDIP mendapat dua kursi dari Dapil Lubukbaja dan Batam Kota pada Pemilu 2014 silam. Posisi pertama diduduki Rekaveny dengan perolehan 4.845 suara. Disusul oleh Ganda Tiur Maritje Simorangkir dengan 2.537 suara. Keduanya duduk sebagai anggota DPRD Kota Batam periode 2014-2019.

Namun pada Januari lalu, Rekaveny meninggal dunia. Satu kursi DPRD KBatam dari PDIP kosong. Menyikapi kondisi tersebut, DPRD Batam menyurati KPU Batam pada 27 Maret 2017. Surat tersebut sampai di KPU Pada 29 Maret silam. Berdasarkan rekap EB-1, peroleh suara terbanyak berikutnya adalah Bommen Sinaga.

“Karena itu, beliau yang menjadi pengganti Pergantian Antar Waktu (PAW) almarhum Ibu Rekaveny di DPRD Batam, kata Ketua KPU Kota Batam Agus Setyawan di Kantor KPU Batam, Kamis (6/4).

KPU kemudian menyerahkan hasil Plenonya kepada DPRD Kota Batam melalui surat resmi pada Senin (3/4). DPRD Kota Batam akan menindaklanjuti ke Gubernur c/q Wali Kota Batam. DPRD Kota Batam Tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari Gubernur melalui Wali Kota Batam. Gubernur harus menindaklanjuti surat tersebut paling lama tujuh hari.

“Setelah balik ke pimpinan kota Batam, bisa langsung diproses untuk melaksanakan pelantikan,” ujarnya.

Tugas KPU selesai sampai menyerahkan nama calon legislatif (caleg) yang memperoleh suara terbanyak berikutnya. Kecuali jika ada rekomendasi dari PDIP. Misalnya sudah tidak aktif lagi di partai, maka akan dicari lagi. Jika masih aktif, mendapat rekomendasi dari SK Gubernur, maka tidak akan menunggu lama.

“Jika semua tak ada halangan, ahir bulan ini Bommen Hutagalung sudah bisa dilantik oleh pimpinan DPRD,” kata Agus.
(RED/SB)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top