Bosan Jadi Karyawan? Ini 6 Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Bosan Jadi Karyawan? Ini 6 Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba

BATAM-Saat ini perekonomian di Indonesia semakin bertumbuh. Begitu banyak anak muda Indonesia yang kini terjun dalam dunia bisnis menjadi salah satu faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi tersebut.

Ahmad Zaky (Founder & CEO Bukalapak), William Tanuwijaya (Pendiri Tokopedia), Ferry Unardi (Pendiri Traveloka) mereka bertiga merupakan deretan nama-nama di antara para pengusaha muda sukses yang dimiliki Indonesia yang bergerak di berbagai bidang bisnis.

Berikut ini beberapa peluang bisnis yang menjanjikan yang mungkin bisa menjadi referensi dan juga inspirasi anda:

1.Bisnis Online
Bagi anda yang ingin menekuni bisnis, ini salah satu langkah awal yang cukup mudah yang bisa anda coba lakukan.
Zaman sekarang hampir semua serba online. Asalkan ada akses internet, segala kegiatan di dunia maya menjadi sangat mudah.

Ilustrasi bisnis online/foto: istimewa

Indonesia sebagai negara dengan penggunaan smartphone yang cukup tinggi, membuat bisnis online seperti fashion, otomotif, kuliner, bahkan travel menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Misalnya di Batam. Tidak hanya masyarakat Batam yang bisa menjadi target konsumen anda, tetapi juga mereka yang ada di luar kota Batam yang tidak memiliki akses untuk datang dan membeli langsung ke Batam barang yang mereka inginkan.  Ditambah lagi saat ini banyak marketplace atau e-commerce yang bisa menjadi wadah bagi anda untuk membuka lapak di platform mereka.

2.Industri Kreatif
Sesuai dengan namanya, didalam bisnis ini anda dituntut untuk out of the box dalam menciptakan karya sehingga bisa dinikmati masyarakat luas, dan tentunya menghasilkan. Industri kreatif adalah salah satu bisnis yang sedang hype dan sangat digandrungi anak muda saat ini, baik menjual produk kreatif ataupun jasa. Diantaranya, menjual aneka kerajinan tangan, fashion, dan menjadi editor video.

Menjadi editor video/foto: istimewa

 

3.Industri Rumahan
Memulai bisnis tidaklah harus dimulai dengan modal yang besar ataupun langsung mendirikan Perseroan Terbatas (PT). Anda bisa saja memulainya dengan skala kecil terlebih dahulu, seperti industri rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga atau mahasiswa.

Kenyataannya di lapangan saat ini sudah banyak industri rumahan yang sukses naik kelas menjadi perusahaan besar. Selagi anda giat dan tekun menjalani, bisnis ini bisa menjadi peluang besar bagi antak untuk menjadi pebisnis sukses.

Bisa saja anda mulai dari bisnis yang bisa dijalankan di rumah, seperti toko isi ulang pulsa, konveksi, laundry, sablon, souvenir, dan masih banyak lainnya.

4.Bisnis Yang Sedang Tren
Jika anda masih bingung mau buka usaha apa,anda bisa mencari bisnis-bisnis yang sedang trend di Batam saat ini. Sebut saja bisnis kuliner seperti cemilan pedas, ayam geprek, dan minuman bubble. Kemudian anda lakukan modifikasi dan inovasi sehingga bisnis tersebut hanya bersifat sementara atau musiman saja, dan melakukan strategi pemasaran yang jitu guna mendukung kekuatan produk.

5.Bisnis Warkop atau Kafe
Indonesia telah dikenal oleh duni sebagai salah satu produsen kopi yang berkualitas. Hampir setiap orang suka minum kopi, mulai dari Presiden, pekerja kantor, wartawan, hingga mahasiswa ska meminum kopi. Membuka warung kopi atau bahasa kekiniannya sekarang coffe shop bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin berbisnis terutama anak muda.

Foto: istimewa

Anda bisa bereksperimen untuk membuat warung kopi anda dengan konsep yang unik dan menarik tentunya. Sehingga bisa bersaing dengan usaha-usaha warung kopi yang sudah ada sebelumnya.

6.Menjadi Influencer
Siapa sih anak hits sekarang yang tidak tahu istilah influencer. Mereka adalah orang yang memilki pengikut atau followers ribuan hingga ratusan ribu di instagram. Banyaknya followers mereka tersebut sering dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk mengiklankankan usahanya baik melalui feeds maupun instagram story.

Setiap hari, para influencer ini mendapatkan kiriman produk dari para penjual, untuk diiklankan di Instagram mereka. Terkadang mereka juga di undang langsung ke tempat para penjual tersebut untuk langsung mengiklankan prduknya di lokasi.

Untuk anda pemula, sebaiknya tidak perlu meminta bayaran namun untuk yang sudah berskala  besar, dalam sekali posting anda bisa memasang tarif mulai 200 ribu hingga 800 ribu.

Foto: istimewa

Merintis bisnis bukan hal mudah. Tapi tanpa pernah mencoba, anda tidak akan tahu bukan seperti apa? Jadi, beranikan diri untuk memulai hal baru itu dengan persiapan yang memadai. Ingat, tidak ada hasil yang akan mengkhianati kerja keras.

Ada tiga tips sukses utama buat anda yang ingin menjalankan peluang usaha yakni kuasai bisnis anda, fokus, dan lakukan hal yang anda sukai.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Ivan
Editor: Rumbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top