BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan saat Mudik Lebaran | SWARAKEPRI.COM
BATAM

BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan saat Mudik Lebaran

BATAM – Sebagai wujud keperdulian terhadap kenyamanan dan kepuasan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS) saat mudik lebaran, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Batam menerapkan kebijakan khusus dalam pelayanan kesehatan.

 

“Bagi para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat,”ujar Budi Setiawan selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam, Senin (29/6/2016) pagi.

 

Kata dia, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 7 hari menjelang lebaran sampai 7 hari setelah lebaran.

 

Dengan kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik maupun yang telah sampai di tujuan bisa langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat.

 

“Pelayanan kesehatan ini hanya berlaku bagi Peserta JKN-KIS yang berstatus aktif, karena itu dimohon supaya peserta memastikan telah membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” tambahnya.

 

Budi menjelaskan bahwa untuk mengecek iuran peserta bisa mengakses website www.bpjs-kesehatan.go.id, pada menu cek iuran peserta atau bisa juga mengakses lewat ponsel melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

 

“Selama Peserta KJKS-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,” lanjutnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal mengatakan bahwa pihaknya sudah menyediakan pos di berbagai titik untuk mengantisipasi peserta yang tiba-tiba sakit.

 

“Kita telah menyediakan pos-pos di berbagai lokasi seperti┬ápelabuhan-pelabuhan dan bandara yang ada di Batam, dan tiap pos dijaga oleh 3 tenaga medis,” ujarnya.

 

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta masing-masing wilayah.

 

 

(RED/RON)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 9 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top