BPN Batam Bungkam Ditanya SHGB Apartemen Hotel BCC | SWARAKEPRI.COM
BATAM

BPN Batam Bungkam Ditanya SHGB Apartemen Hotel BCC

Illustrasi Sertipikat/ist

Terkait Dugaan Penggelapan Pajak Penerbitan Akta Jual Beli

BATAM – swarakepri.com : Kepala Kantor Pertanahan Kota Batam, Iria Darmaja memilih bungkam dan tidak bersedia memberikan klarifikasi terkait pengurusan Sertifikat Hak Guna Bangunan(SHGB) apartemen Hotel Batam City Condotel(BCC) yang diduga terjadi penggelapan pajak saat pembuatan Akta Jual Beli(AJB) di Kantor Notaris Syaifudin.

Subandi, Kasubag Tata Usaha yang diperintahkan Iria Darmaja untuk memberikan klarifikasi ke wartawan AMOK Grup justru kaget dan berdalih tidak mengetahui persoalan SHGB apartemen Hotel BCC yang sedang diproses di Kantor Pertanahan Kota Batam.

“Loh kok ke saya, apa tidak salah? Soal SHGB BCC Hotel saya tidak tahu. Disini bagian tata usaha bukan pembuat Sertifikat,” ujarnya berdalih, Rabu(8/7/2015) ketika ditemui diruang kerjanya.

Sebelumnya Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah(PPAT) Syaifudin,SH juga menolak memberikan komentar terkait dugaan penggelapan pajak pada pembuatan Akta Jual Beli(AJB) puluhan apartemen di Hotel Batam City Condotel(BCC) tahun 2013 lalu.

“Saya tidak bisa memberikan komentar apapun terkait kasus, karena saya terikat dengan sumpah jabatan Notaris,” ujarnya berdalih, Selasa(7/7/2015).

Ia mengatakan sumpah jabatan Notaris tersebut diatur dalam pasal 4 ayat (2) Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

“Dalam Undang-undang itu Notaris bersumpah/berjanji merahasiakan isi akta dan keterangan yang diperoleh dalam pelaksanaan jabatan,” jelasnya.

Terkait isi Akta Jual Beli(AJB) apartemen BCC Hotel tersebut, ia menganjurkan untuk bertanya langsung kepada para pihak yang ada.

“Sesuai tugas, saya buat akta atas permintaan klien. Soal isi akta silahkan ditanya kepada para pihak,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya terbitnya Akte Jual Beli(AJB) puluhan apartemen Hotel Batam City Condotel(BCC) Batam milik PT Bangun Megah Semesta(BMS) di Kantor Notaris Syaifuddin tahun 2013 lalu dianggap salah karena tidak membuat fakta sesuai dengan nilai transaksi riil yang dibuat pada Perjanjian Pengikatan Jual Beli(PPJB).

“Ada dugaan kesengajaan mengurangi pajak yang bisa berdampak adanya indikasi penggelapan pajak,” ujar Pengacara Conti Chandra, Alfonso Napitupulu kepada swarakepri.com, sore ini, Selasa(30/6/2015) di Batam.

Alfonso mengatakan adanya kesengajaan mengurangi pajak oleh para pihak dan Notaris dapat dikenakan sanksi pidana penggelapan pajak dan tindak pidana korupsi karena negara telah dirugikan.

“Penegak hukum harus mengungkap dugaan penggelapan pajak ini,” tegas Alfonso. (red/AMOK)

KOMENTAR FACEBOOK
13 Comments

13 Comments

  1. Gani

    9 July 2015 at 3:06 pm

    BCC BAU BUSUK SUDAH MENYENTUH KE GUSTIAN RIAU ,,DAN KEPALA BPN ,,,,
    KINERJA DAN KEJUJURAN GUSTIAN PERLU DIPERTANYAKAN ,,PUBLIK ,
    BPN BELUM JELAS KETERLIBATAN NYA DGN TJIPTA FUJIARTA

  2. Jimy

    9 July 2015 at 3:33 pm

    Kinerja BPN banyak konkalikong dgn notaris sekarang ini kena batunya ,,kami minta aparat proses secara hukum demi keadilan orang banyak .trim,s

  3. Albert

    9 July 2015 at 4:28 pm

    BPN. Dengan notaris syaifudin berselingkuh main belakang gak tahunya notariis Syaifudin Aids menjalar siapa yg bersenkongkol. ,,,,Aids Syaifudin berselingkuh dgn Tjipat fujiarta yg H I V ..TU ILUSTARSI JIJIK NYA BERITA BCC SIAPA PUN APARAT YG DEKAT DGN TJIPTA KAN KENA AIDS .GILIRAN BPN YG KENA H I V …………AL

  4. Ernan

    9 July 2015 at 4:49 pm

    bpn batam sarang kolusi dan korupsi ,,ingat ingat jangan gara uang uang bpn jual diri ,buat kepala bpn batam jaga tu si bambang (lele lumbo) semua ok

  5. Harun

    9 July 2015 at 5:45 pm

    Kejadian lucu tionghoa medan tipu tiong hoa pulai
    Tapi ingat lho tiong hoa pulai jago walau nampak agak totok ,bahasa ,,
    Biasa tionghoa medan di bisa halau tapi untuk ini kita lihat siapa lawan siapa ,kabarnya jendral vs jendral ,,
    Mafia pulai vs mafia medan yo kita lihat aja

  6. Nasir

    9 July 2015 at 6:52 pm

    BPN DAN NOTARIS SAMA SAMA MENIKMATI HASIL UANG NEGARA SEDANGKAN TJIPTA CUCI TANGAN ,,,BPN SEHARUSNYA MEMERIKSA KE LOKASI BCC BUKAN DI AMPLOB TERUS TERIMA INI LAH KELEMAHAN PETUGAS BPN YG SERING DI GODA OLEH NOTARIS DAN DEVELOPER ,,,,,,,INI CONTOH KASUS BCC MENIKMATI HASIL UANG NEGARA UNTUK BERFOYA FOYA /karaoke senang sama cewek ,,,,,

  7. syahrial

    9 July 2015 at 11:33 pm

    runyammmm,objek bcc smua kena imbas,yg kotor blepotan dksa trima upeti uang panas akan kena siidik,lidik,sorot masyarakata batam dan dunia,syaifudin,angli,bpn,pihak2 tersangkut akan berabe ngefeknya

  8. gani

    10 July 2015 at 1:40 am

    merembet smua pejabat batam,polda,kejaksaan,notaris pada ketar ketir pekan2 trakhir ini,kpk,hakim agung lambat laun akan mencium sgl tabiat buruk pejabat busuk ini,bcc skandal yg membuka mata hati telinga smua ada kebobrokan masiv dibatam ini yg diotaki tjipta,syaifudin,angli

  9. alam

    10 July 2015 at 8:22 am

    parah nih kasus, kata saksi sudah pernah dibuat AJB nya di Notaris Syaifudin, pas diminta eh dibalikkan lagi ke surat pemblokiran yang dibuat Terdakwa, apelah nih JPU!

  10. Lo me heu

    10 July 2015 at 2:01 pm

    Bpn sudah dapat manis manis dari tjipta dan syaifudin manis nya dimakan sepah nya untuk jaksa dan hakim

  11. Unyen

    10 July 2015 at 8:59 pm

    Kami sebagai pembeli apartemen
    Bpn kenapa sertifikat kami masih belum keluar ada apa ,,kalau ditahan terus kami lapor ke polisi ,,kami lihat bpn pada sama notaris syaifudin bekerja sama yg jujur,aja jgn sampai kami polisikan bpn

  12. randi

    11 July 2015 at 12:00 pm

    pak/bu wartawan britrain dong pemilik apartemen jd sejauh mana tjipta,n the gang ngelola tuh htl apakah dibegal jg suratnya

  13. Erick

    12 July 2015 at 1:38 pm

    G M bodong satu satu nya di batam
    Winston too york tee. Tercatat sebagai G M bodong di dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 10 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top