BPOM Kepri Amankan Puluhan Ribu Kosmetik Ilegal | SWARAKEPRI.COM
BATAM

BPOM Kepri Amankan Puluhan Ribu Kosmetik Ilegal

PENYITAAN KOSMETIK ILEGAL OLEH BPOM KEPRI

BATAM – Puluhan ribu kosmetik berbahaya diamankan petugas Badan Pengamanan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri dari  beberapa toko yang ada di pusat perbelanjaan di Batam, pada Selasa (4/12/2018). 

Kepala BPOM Kepri, Yosef Dwi Irwan mengatakan, kegiatan tersebut serentak  dilakukan BPOM di seluruh Indonesia bersama tim gabungan dari stakeholder lainnya.

“Penyisiran ini kita lakukan serentak di seluruh Indonesia, apalagi di wilayah Kepri khususnya Batam yang dikatakan cukup rawan untuk kosmetik ilegal,” ujar Yosef saat melakukan menyisiran di lantai 2 Avava Mall Batam. 

Ia juga mengatakan penertiban ini dilakukan sejak 27 November 2018 sampai dengan saat ini. Dari penertiban tersebut, BPOM Kepri telah menemukan puluhan ribu kosmetik ilegal dengan total nilai kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Dari penertiban yang sudah kita amankan terdapat kosmetik ilegal, totalnya sebanyak 11.058 pcs dengan jumlah senilai  Rp. 696.318.000,” ujarnya. 

Selanjutnya, barang tersebut akan diproses dan akan dilakukan pemusnahan dengan disaksikan petugas. 

Yosef juga berharap dengan dilakukannya penertiban rutin tersebut, diharapkan dapat memutus rantai peredaran produk kosmetik ilegal di provinsi Kepulauan Riau.

“Kami berharap dengan dilakukannya aksi serentak ini, diharapkan mampu  memutus mata rantai peredaran produk kosmetik ilegal.  Serta kami juga dapat mengetahui pelaku pengedaran kosmetik ilegal tersebut. Dengan ini, kami juga akan memberikan sanksi kepada pelaku sesuai dengan UU No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 197 yaitu pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak 1,5 miliar rupiah,” ungkap Yosef.

Penulis : Marina

Editor   : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 14 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top