Bupati Karimun Lantik 5 Kades Terpilih, Ini Penegasanya | SWARAKEPRI.COM
DAERAH

Bupati Karimun Lantik 5 Kades Terpilih, Ini Penegasanya

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat memimpin pengambiln sumpah jabatan kepada 5 Kades terpilih periode 2018-2024 pada Pelantikan, Jumat (28/12/2018) di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun. (Foto/Istimewah)

Karimun – Bupati Karimun, Aunur Rafiq melantik 5 Kepala Desa (Kades) terpilih dari 3 Kecamatan se-Kabupaten untuk masa jabatan 2018-2024, Jumat (28/12/2018) pagi di gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pelantikan itu, disejalankan dengan pelantikan Kepla Seksi (Kasi) Pemberdayaaan Masyarakat Kantor Camat Moro, Muhammad Halim (Pengawas).

Dalam sambutanya, Bupati Karimun menegaskan, sesuai Surat Keterangan (SK) yang diterima oleh para Kades yang baru dilantik, ada 16 kewajiban bagi seorang Kades yang harus dipahami dan dilaksanakan sebagaimana dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa yang tetuang didalam SK tersebut.

Selain itu, didalam SK juga tertuang 12 poin larangan yang harus dipahami oleh Kapala Desa.dalam menjalankan tugas. Termasuk dalam fakta integritas yang ditanda tangani masing-masing Kades yang terdiri dari 5 butir aturan. Untukbitu, SK yang diterima, jangan hanya digulung atau disimpan. Tetapi harus dibaca dan dipahami. Karena dalam SK telag tertuang tugas dan tanggungjawab seorang Kades.

Dikatakan, jika semua sudah dipahami oleh para Kades, sebagai koordinator diwilayahnya masing-masing akan dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mampu bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat. Khususnya mampu bekerjasama dan berdamping dengan ketua maupun anggota BPD yang merupakan mitra dan rekan kerja Kades.

“Kalau ditingkat Kabupaten, pemerintah ada dua, yaitu Bupati dan DPRD. Sementara dipemerintah desa adalag Kades dan BPD. Namun dalam melaksanakan roda pemerintah, kendalinya berada di kepala desa,” terang Rafiq.

Ditegaskan, dalam memimpin Desa, Kades tidak boleh mengkedepankan kelompok-kelompok alataupun keluarganya. Tetapi harus memimpin dengan amanah yang benar berdasarkan aturan dan instrumen yang digarikan oleh pemreintah sebagaimana yang telag dimanatkan dalam UU Nomo 5 tentang kewajiban dan larangan Kepala Desa.

Setelah dilantik, lanjutnya, tidak ada timses-timses lagi atau Kades milik timses. Tapu Kades adalah milik seluruh masyarakatnya. Maka itu, Kades yang dilantik harus jadi abdi masyarakat yang baik. Untuk itu, diminta kepada seluruh masyarakat desa dan BPD untuk bersama-sama bergandengan tangan dalam membangun desa, serta program-program pembangunan di desanya.

Agar kedepan, Desanya semakin baik. Karena saat ini desa telah memiliki kewenangan dan anggaran yang cukup besar. Dalam memprogramkan rencana pembangunan, Kades bersama BPD harus melibatkan seluruh komponen masyarakat. Sehingga dana yang dikucurkan baik dari pusat maupun daerah (DD dan ADD) bisa terserap dengan baik dan bisa menghasilkan pembangunan yang baik bagi masyarakat.

“Tahun 2018 DD dan ADD keseluruhan di 42 desa lebih dari Rp 100 miliar. Tahun 2019 ADD dan DD semakin besar lagi. Semakin besarnya kucuran dana tersebut, program-program pembangunan di desa dapat ditingkatkan lagi. Kades terpilih harus segera memprogramkan pembangunan-pembangunan untuk desanya,” tegasnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta penandatanganan fakta intregitas Kades terpilih yanf turut dihadiri dan disaksikan Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Sekda Karimun, HM Firmansyah, para Asisten, perwakilan dari FKPD, Kepala OPD, sejumlah masyarakat dari tiga desa tersebut serta kepala-kepala desa yang lama itu, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Kades yang lama atas baktinya selama menjabat.

Adapun Kelima Kades yang dilantik, Tiga Kades dari Kecamatan Moro yaitu, Kurniawan sebagai Kepala Desa Jang, Taufik Yusuf sebagai Kepala Desa Keban dan Usman sebagai Kepala Desa Pauh. Selanjutnya, dari Kecamatan Ungar, Yusri sebagai Kepala Desa Ngal dan Kepala Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Ngadino. (Hasian)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 6 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top