Calo Berseragam PNS Marak di Disduk Batam | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Calo Berseragam PNS Marak di Disduk Batam

BATAM – Praktek percaloan Kartu Tanda Penduduk(KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disduk Capil) Kota Batam ternyata tidak hanya didominasi oleh calo dari kalangan swasta.

 

Oknum-oknum honorer dan Pegawai Negeri Sipil(PNS) dari Kelurahan, Kecamatan dan Disduk Batam justru disinyalir lebih merajalela dalam praktek percaloan yang ada.

 

Tidak sulit menemukan oknum-oknum berseragam coklat ini dalam menjalankan bisnis percaloannya tersebut. Selain mondar-mandiri di sekitar kantor Disduk, mereka biasanya lebih sering berada di ruang cetak KTP di lantai 2 Kantor Disduk Batam.

 

Untuk membuktikan dugaan tersebut, tim liputan AMOK Group mendatangi kembali mendatangi kantor Disduk Batam hari ini, Senin(15/2/2016) siang sekitar pukul 14.15 WIB.

 

Kali ini yang menjadi lokasi pantauan AMOK adalah di lantai 2 Kantor Disduk Batam yang digunakan sebagai ruangan verifikasi dan input data serta cetak KTP/KK.

 

Setelah meminta izin untuk naik ke lantai 2, tim liputan AMOK Group menemukan beberapa oknum-oknum pegawai dari kelurahan dan kecamatan yang diduga merangkap jadi calo serta 2 orang pria yang diduga calo swasta.

 

Melihat kedatangan tim AMOK Group, salah satu PNS melarang agar tidak mengambil gambar disekitar ruangan.

 

“Kalau mau meliput jangan di sini apalagi ambil ambil foto, silahkan keruangan Pak Yanto saja, disini pegawai mau bagikan berkas ke seluruh kecamatan,” ujarnya berdalih.

 

Mendapat penolakan dari oknum PNS yang belum diketahui namanya tersebut, tim AMOK Group kemudian mencoba menyambangi ruangan Kabid Pelayanan Yanto.

 

Salah satu petugas yang ditemui mengatakan pak Yanto sedang tidak berada di kantor.“Pak Yanto sedang tidak ada di tempat mas, lain kali saja kesini lagi,” ujarnya enteng sambil berlalu.

 

Informasi yang diperoleh dilapangan, ruangan yang berada dilantai 2 tersebut diduga merupakan salah satu lokasi transaksi percaloan KTP di Disduk Batam.

 

Ratusan lembar KTP/KK yang telah dicetak diduga dibagikan diruangan ini kepada para calo yang berseragam PNS dan juga calo swasta.

 

Untuk menguak praktek percaloan di Kantor Disduk Batam, ikuti penelusuran tim AMOK Group selanjutnya.

 

(red/CR 2/CR 3)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + eighteen =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top