Cegah Penularan HIV, Ini Imbauan Kadinkes Tanjungpinang | SWARAKEPRI.COM
Tanjung Pinang

Cegah Penularan HIV, Ini Imbauan Kadinkes Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, menghimbau masyarakat agar jangan melakukan seks berisiko yang dapat menyebabkan dan menularkan penyakit HIV.

“Terutama penularan HIV ini kan hanya melalui tiga hal, dari ibu hamil ke bayinya, dari produk darah dan dari hubungan seks yang berisiko, karena tidak ada penularan yang lainnya,” ungkap Rustam, di kantor Lurah Tanjung Unggat, Senin (2/12/2019) sekira pukul 11.30 WIB.

Rustam juga turut mengimbau agar jangan melakukan perselingkuhan, setia pada pasangan, untuk yang belum menikah harus lah menahan puasa untuk melakukan seks bebas yang dapat menyebabkan penyakit itu terjadi.

“Setiap tahunnya pengidap HIV bertambah 100 orang, ini cukup stabil. Yang meninggal setiap tahunnya 25 orang,” tutur Rustam

Ia juga mengatakan, segala upaya sudah dilakukan untuk mengurangi penyebaran penyakit ini, seperti melakukan edukasi, penyuluhan serta sosialisasi sudah dilakukan Dinkes.

“Dari tahun-tahun sebelumnya, hingga akhir Nobember 2019 ini, itu sudah ada sebanyak sekitar 670-an orang yang sudah mengidap penyakit ini, bahkan remaja saja ada yang terkena penyakit ini, tetapi tidak banyak, kebanyakannya sih dewasa,” tutup Rustam.

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Obat yang dapat menyembuhkan penyakit dari virus ini secara total pun belum bisa ditemukan sampai saat ini.

 

 

 

 

 

 

(Ism)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top