Dam Tembesi Pasok Kebutuhan Air Baku Batam 6 Tahun ke Depan | SWARAKEPRI.COM
BISNIS

Dam Tembesi Pasok Kebutuhan Air Baku Batam 6 Tahun ke Depan

Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam, Binsar tambunan/foto : roni rumahorbo

BATAM – Kepala Kantor Air dan Limbah Badan Pengusahaan (BP) Batam Binsar Tambunan mengatakan Dam Tembesi akan membantu kebutuhan air masyarakat Batam selama enam tahun ke depan.

“Hanya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Batam selama enam tahun dan kalau sudah habis kita cari sumber lain,” kata Binsar usai menanam bibit pohon Bakau di sekitar bendungan Dam Tembesi, Minggu (1/10/2017).

Kata dia, Dam yang proses pembangunannya dimulai pada tahun 2010 silam ini memiliki kapasitas air 600 liter per detik. Menurutnya kapasitas tersebut sangat membantu kebutuhan air saat ini mengingat kebutuhan air Batam meningkat 100 liter per detik setiap tahun.

“Kebutuhan air saat ini sekitar 3.400 liter per detik untuk penduduk Batam yang berjumlah sekitar 1,2 juta jiwa,” ujarnya.

Binsar menambahkan, Dam yang lebih tinggi 6 (enam) meter dari permukaan air laut tersebut belum siap beroperasi karena kadar garamnya masih ada dan instalasi pengolahan airnya juga belum dibangun.

“Kalau sekarang masih proses menampung air hujan. Nanti akan kita tenderkan dan proses pembangunannya memakan waktu satu tahun,” sambungnya.

Ia pun memberikan apresiasi atas kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Majelis Nichiren Syosu Buddha Dharma Indonesia tesebut.

“Penanaman pohon ini tentunya untuk mengembalikan habitat hutan bakau di sekitar sini dan mendukung pariwisata yang dalam waktu dekat akan dibangun di sekitar jembatan satu dan dua,” tutupnya.
Penulis : Rumbo

Editor   : Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top