Dari ARB Hingga Prabowo, Ini Deretan Tokoh Nasional yang Pernah jadi Pasien 'Cuci Otak' dr Terawan | SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Dari ARB Hingga Prabowo, Ini Deretan Tokoh Nasional yang Pernah jadi Pasien ‘Cuci Otak’ dr Terawan

Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K), atau kerap disapa dr Terawan merapat ke Istana Kepresidenan hari ini, Selasa (22/10). Anggota tim dokter kepresidenan ini mengaku ditunjuk menjadi calon Menteri Kesehatan.

Sebelumnya, ia dikenal dengan terapi kontroversial ‘cuci otak’ berbasis Digital Subtraction Angiography (DSA). Kontroversial karena alat ini sebenarnya untuk diagnostik, tapi dr Terawan memakainya untuk terapi pada beberapa kondisi termasuk stroke.

Ini beberapa tokoh penting di Indonesia yang pernah menjadi pasien ‘cuci otak’ yang ditemukan dr Terawan yang dilansir Swarakepri dari Detikcom.

1. Aburizal Bakrie
Politikus dan juga pengusaha Aburizal Bakrie pernah menjalani terapi ‘cuci otak’ dari dr Terawan. Melalui akun Instagramnya, ia berbicara sekaligus membela dr Terawan ketika metode cuci otaknya ‘diserang’.

“Metode ‘cuci otak’nya dipermasalahkan, padahal dengan itu dia telah menolong baik mencegah maupun mengobati puluhan ribu orang penderita stroke,” tulisnya.

2. Hendropriyono
Mantan Kepala Badan Inteligen Negara (BIN), Hendropriyono juga pernah merasakan metode ‘cuci otak’ yang ditemukan oleh dr Terawan.

“Saya sendiri pernah di-‘cuci otak’ oleh beliau. Bukan cuci otak karena radikalisme, tetapi dicuci otak secara fisik dalam arti sebenarnya,” kata Hendropriyono.

Ia juga pernah memberikan penghargaan kepada dr Terawan melalui Hendropriyono Strategic Consulting (HSC).

“Saya rasa enggak melulu harus pemerintah deh yang memberi penghargaan. Tapi kita-kita yang peduli juga boleh memberikan penghargaan,” imbuh Hendro.

3. Dahlan Iskan
Dahlan Iskan juga pernah merasakan metode ‘cuci otak’ dr Terawan. Ia mengisahkan pengalamannya itu melalui tulisan berjudul ‘Membersihkan Gorong-gorong Buntu di Otak’.

Dalam tulisan itu, Dahlan mengaku tidak dalam keadaan sakit dan tidak punya keluhan apapun saat melakukan terapi. Ia hanya ingin mencoba, karena sepengetahuannya brainwash merupakan metode baru untuk membersihkan saluran-saluran darah di otak.

Salah satu hasilnya, Dahlan merasakan pikirannya menjadi jernih dan segar. Selama menjalani terapi pun, ia langsung merasakan sensasi ‘pyar’ seperti rasa mint di kepala yakni saat dr Terawan membersihkan sumbatan di otak kirinya yang selama ini tidak pernah ia sadari.

4. Mahfud MD
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD juga pernah menjalani terapi ‘cuci otak’ dari dr Terawan. Ia mengatakan, metode itu bagus. Mahfud menjelaskan, ia melakukan pengobatan terapi selama tiga jam. Usai terapi, ia merasa kondisi kesehatannya membaik.

“Tiga jam selesai, langsung pulang. Kalau pengalaman saya bagus,” ujar dia.

5. Jenderal TNI (purn) Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (purn) Moeldoko mengaku pernah menjalani terapi ‘cuci otak’ dr Terawan. Pada April 2018, ia sudah 2 kali menjalani terapi tersebut.

Dia mengaku sempat mengalami masalah dengan keseimbangannya. Moeldoko menegaskan tidak ada yang ngawur dari metode dr Terawan, dan semuanya dilakukan secara ilmiah.

“Dilihat dulu indikatornya. Ada alatnya yang melihat indikator keseimbangan tubuh kita kurang. Di mana keseimbangan, (itu) dilihat lagi. Terapinya, jadi sesuatu yang bukan ngawur, bukan asal-asalan,” kata dia.

6. Prabowo Subianto
Ketua Gerindra, Prabowo Subianto ternyata juga pernah menjadi salah satu pasien dari dr Terawan. Ia mengidap penyakit vertigo. Ia disarankan oleh dr Terawan untuk membersihkan penyakit tersebut dari tubuhnya. Prabowo merasa metode ‘cuci otak’ tersebut berhasil. Menurutnya, Indonesia harusnya bangga memiliki dr Terawan yang punya terobosan.

“Saya sendiri contohnya. Sudah tiga kali mau keempat kali diterapi dr Terawan. Biasa lah, namanya orang umur 60 tahun, biasa lah sakit,” cerita Prabowo.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini disadur  dari https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4756344/deretan-tokoh-nasional-yang-pernah-jadi-pasien-cuci-otak-dr-terawan/7/#search

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Popular Post

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top