Daya Tahan Tubuh Anda Akan Menurun dengan Kebiasaan Ini | SWARAKEPRI.COM
KESEHATAN

Daya Tahan Tubuh Anda Akan Menurun dengan Kebiasaan Ini

ilustrasi/foto : Istimewa

SWARAKEPRI.COM – Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak kebiasaan yang tanpa disadari dapat membahayakan kesehatan Anda. Beberapa kebiasaan bahkan dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga membuat Anda jatuh sakit. Anda sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda.

1. Mengonsumsi makanan yang berlemak
Memang betul bahwa tidak semua makanan berlemak itu buruk. Namun mengonsumsi makanan yang menganduk lemak jenuh dapat menurunkan daya tahan tubuh hingga terjadinya peradangan. Anda sebaiknya lebih telliti dalam memilih makanan berlemak. Misalnya mengganti daging, dengan salmon.

2. Mengonsumsi antibiotik
Antibiotik memang dapat melawan bakteri penyebab penyakit. Namun penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru dapat membunuh bakteri baik yang akan melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter, sebelum mengonsumsi antibiotik.

3. Minum alkohol
Alkohol juga bisa jadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Kebiasaan mengonsumsi alkohol akan membuat sel darah putih tidak cukup efektif dalam melawan bakteri berbahaya. Tubuh bahkan kesulitan untuk memproduksi sel yang mampu membunuh virus dan bakteri.

4. Mengabaikan berat badan
Berat badan yang ideal bukan hanya akan membuat Anda tetap fit, tetapi juga dapat melindungi Anda dari penyakit. Kelebihan berat badan dapat mengubah jumlah sel darah putih pada tubuh. Lemak perut dan lemak di sekitar organ tubuh juga akan menurunkan sistem daya tahan tubuh Anda.

 

 

Editor : Roni Rumahorbo

Sumber : 1Health.id

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top