Dinkes Payakumbuh Temukan 6 Kasus Deman Berdarah | SWARAKEPRI.COM
PAYAKUMBUH

Dinkes Payakumbuh Temukan 6 Kasus Deman Berdarah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman (Foto : Rb)

PAYAKUMBUH – Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, menemukan sebanyak ada enam kasus demam berdarah (DBD) di daerah sepanjang 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman mengatakan bahwa sejauh ini kasus DBD di Payakumbuh belum menyebabkan korban meninggal.

“Akibat perubahan cuaca dalam beberapa waktu terakhir menjadi sebagai salah satu penyebabnya,” ujarnya, Sabtu(9/2/2019).

Elzadaswarman mengimbau kepada warga untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam mencegah berjangkitnya penyakit DBD.

“Kami imbau kepada warga untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk terutama di tempat-tempat nyamuk air bersih karena nyamuk DBD ini hidup di sumber air bersih,” jelasnya.

Ia meminta masyarakat juga memperhatikan gejala-gejala DBD, seperti demam tinggi mendadak, nyeri kepada otot, sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata.

“Kalau memang sudah ada gejala tersebut segera datang ke kantor pelayanan kesehatan setempat, jangan ditunggu sampai parah dulu,” imbaunya.

Ia menyebut untuk fogging dilakukan ketika kasus DBD sudah termasuk kategori luar biasa dengan penderita yang cukup banyak.

“Untuk saat ini kita belum perlu melakukan fogging untuk membunuh jentik-jentik nyamuk karena belum terlalu parah,” terangnya.

Kasus DBD sendiri memang sering terjadi ketika memasuki musim hujan, seperti yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan.

“Agar kasus DBD tidak berkembang diperlukan usaha dan kerja sama dari masyarakat untuk menanggulangi permasalahan,” kata dia.

 

Penulis : Rio

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Terdepan di Kepri

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top