Dinsos Kepri Segera Verifikasi Data PMKS di Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Dinsos Kepri Segera Verifikasi Data PMKS di Batam

Kabag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau Ibnu HUsein sedang memberikan materi/foto : tatang hidayat

BATAM – Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau akan melakukan verifikasi terhadap 5 Kriteria Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Batam.

Hal tersebut disampaikan Kabag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau Ibnu Husein, yang hadir untuk mensosialisasikan program verifikasi kepada Dinas Sosial Kota Batam dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di kantor Dinsos Kota Batam, Selasa (26/9).

“Ada 5 jenis yang akan diverifikasi dari data BDT tahun 2016, diantaranya Balita terlantar, anak terlantar, lanjut usia terlantar, penyandang distabilitas dan Perempuan Rawan sosial ekonomi,” kata Husein.

Dia menambahakan, 5 kriteria yang akan diverifikasi terdapat di Permensos Tahun 2012.

“Kriteria yang akan kita kerjakan tercantum dalam Permensos RI nomor 8 Tahun 2012, sebenarnya ada 26 kriteria, namun hanya 5 yang didahulukan,” ungkapnya.

Adapun pelaksanaan verifikasi data PMKS terdiri dari Kordinator, Pengumpul data dan Pengolah data.

“Struktur kerja di antaranya, Dinas Sosial Kota akan ditunjuk sebagai Kordinator dan Pengolah data, sedangkan TKSK sebagai Pengumpul data, dan TKSK harus turun mencari Informasi keluarga yang terdata, kemudian diverifikasi dan dibuat keteranagan dalam instrumen formulir,” bebernya.

Program verifikasi 5 jenis PMKS bertujuan untuk menangani masalah sosial atau penyandang masalah kesejahteraan sosial yang disebabkan hambatan sehingga tidak bisa melakukan fungsi sosialnya.

 

 
Penulis : Tatang Hidayat

Editor   : Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top