Dirjen Imigrasi Blusukan ke Rutan dan Lapas Batam | SWARAKEPRI.COM
NASIONAL

Dirjen Imigrasi Blusukan ke Rutan Barelang

BATAM – Dirjen Imigrasi Ronny Sompie mengunjungi Rumah Tahanan(Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Barelang, Batam, Kepulauan Riau, Senin(22/8/2016) pagi.

 

Kunjungan Sompie ini atas perintah langsung dari Menteri Hukum dan HAM RI untuk mendengar keluhan serta masalah yang terjadi di Rutan dan Lapas di Batam. Sebelumnya Sompie juga telah menyambangi kota Jambi dan Riau.

 

“Kita ada 11 kelompok melakukan kunjungan dan masing-masing dibagi 3 Provinsi untuk membantu kawan-kawan Kanwil khususnya Divisi permasyarakatan dan Lembaga pembinaan khusus anak di Rutan, agar kondisi dan situasi Lapas dan Rutan bebas dari narkoba, penggunaan HP dan pungli,” ujar Sompie.

 

Dia mengatakan kunjungan tersebut juga bertujuan untuk meyakinkan petugas lapas dan rutan dalam menjalankan tugasnya, sekaligus memberikan penguatan dan menerima masukan-masukan.

 

“Setelah ini kami akan melaporkan ke Bapak Menteri melalui Dirjen Pemasyarakatan dan nantinya akan di perbaiki dan dicukupi dari tingkat pusat,” jelasnya.

 

Sompie mengaku mendapat banyak masukan terkait bagaimana para petugas telah bekerja keras dalam memperbaiki kinerja di dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan khususnya Kepri.

 

“Ada yang bagus saya lihat tadi, dimana penerimaan kunjungan diseleksi telebih dahulu makanan yang dibawa dan mengganti tempatnya, hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan, kesehatan dan ketertiban di dalam lapas,” jelasnya.

 

Sompie Mengecek Pelayanan Pengunjung Rutan Barelang

Sompie Mengecek Pelayanan Pengunjung Rutan Barelang/Foto : JEFRY

 

Terkait SOP, Sompie mengatakan sudah dilakukan dengan baik oleh para petugas, dan terlihat ada inovasi dalam peningkatan keamanan.

 

“Meskipun personil sedikit dan Lapas sudah over kapasitas, saya sangat mengapresiasi kinerja mereka yang cukup baik dalam pelayanan disini,” pungkasnya.

 

Dirjen Imigrasi Berfoto Bersama di Rutan Barelang

Dirjen Imigrasi Berfoto Bersama di Rutan Barelang/Foto : JEFRY

 

Pantauan lapangan, kunjungan Dirjen Imigrasi ke Rutan Barelang disambut oleh Kepala Rutan David Gultom dan jajarannya.

 

Pengecekan fasilitas itu sendiri dimulai dari pelayanan petugas bagi pengunjung. Disini Sompie tingkat keamanan yang dilakukan para petugas.

 

Kemudian di lanjutkan pengecekan setiap ruangan di Rutan yakni ruangan kunjungan, dapur, tahanan. Sompie sempat berkomunikasi dengan tahanan untuk mendengar keluhan-keluhannya.

 

Usai melakukan pengencekan fasilitas di Rutan Barelang, Sompie kemudian melanjutkan kunjungan ke Lapas Barelang.

 

 

(RED/JEF)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top