Disperindag Batam Cabut Izin 3 Pangkalan LPG | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Disperindag Batam Cabut Izin 3 Pangkalan LPG

BATAM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam berikan sanksi kepada 3 pangkalan LPG di Batu Aji dan Sagulung.

Sanksi berupa pencabutan izin dari Disperindag serta pengurangan kuota dari Pertamina tersebut dilakukan lantaran ketiga pangkalan LPG dianggap melakukan pelanggaran.

“Sudah ada sanksi berupa pencabutan izin pada 3 pangkalan di Batu Aji dan Sagulung,” ungkap Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau, Selasa (19/11/2019).

Menurut Gustian, pangkalan gas LPG tersebut dalam keadaan cukup. Namun pendistribusiannya tidak jelas.

Untuk itu agar kebutuhan tercukupi hingga beberapa hari kedepan, Pihaknya melakukan penindakan tegas terhadap pelaku yang melakukan pelanggaran.

“Hal tersebut (sanksi) juga berlaku pada penyulingan serta pengecer yang tidak memiliki izin penjualan tabung gas,” tegas dia.

Ia melanjutkan, penindakan pada pengecer dapat dilakukan jika pengecer tersebut menjual dengan HET tertinggi tanpa disertai izin.

“Penjual eceran dekat jalan raya pun akan di tindak jika tidak ada izin. Tabung gasnya akan disita,” terang dia.

Tak hanya memberikan sanksi, Disperindag bersama Pertamina juga melakukan operasi pasar secara marataon ke seluruh Kecamatan di Kota Batam.

Hal itu dilakukan lantaran banyaknya laporan dari masyarakat soal kecurangan yang dilakukan para pedagang LPG bersubsidi sehingga berdampak pada kelangkaan LPG di Batam.

Gustian menuturkan bahwa pemerintah perlu melakukan operasi pasar guna memastikan persediaan LPG bersubsidi ini tetap mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kebutuhan dipastikan cukup hingga 31 Desember mendatang. Hanya saja per harinya masyarakat tidak dapat mengambil disebabkan telah diambil orang lain,” tuturnya.

Ia menambahkan, operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah ini didasarkan adanya laporan dari masyarakat perihal distributor yang melakukan penimbunan LPG.

“Ada juga yang dengan sengaja mengosongkan paket LPGnya saat itu,” pungkasnya.

 

 

 

 

(Tasya)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − 4 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top