Disperindag Ingin Ada Kebijakan Khusus Terkait Pasokan Beras di Batam | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Disperindag Ingin Ada Kebijakan Khusus Terkait Pasokan Beras di Batam

KADISPERINDAG BATAM, ZAREFRIADI SAAT DIWAWANCARAI SWARAKEPRI DI RUANG KERJANYA/FOTO: RONI

BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian berharap ada kebijakan khusus terkait ketersediaan bahan pokok di Batam terutama beras.

Hal tersebut diungkapkan Kadisperindag Batam, Zarefriadi di ruang kerjanya pada Selasa (23/1/2018).

Menurutnya, Batam lebih cocok jika impor beras langsung dari Vietnam atau Thailand dan negara pemasok beras terdekat lainnya ke Indonesia.

“Saya sudah pernah katakan, sebaiknya Batam ini diberi ruang untuk impor karena akan lebih murah costnya,” ungkap Zaref.

Ia menjelaskan, jika hal tersebut diberlakukan otomatis harga sembako di Batam akan lebih murah dari harga yang ada di pasaran sekarang ini.

Selama ini kata dia, kenyataan di lapangan harga beras impor yang masuk ke Batam tergolong mahal dibandingkan daerah lainnya. Hal itu karena beras impor tersebut terlebih dahulu masuk ke Jawa sebelum dipasok ke Batam.

“Tentu harganya lebih mahal karena perjalanannya juga semakin jauh. Kalau dilihat dari segi jarak saja lebih baik langsung diimpor saja, harganya juga akan lebih murah,” ucapnya.

Ia berujar, negara tidak akan rugi jika Batam diberi kekhususan dalam impor beras karena jumlah penduduk Batam masih sedikit.

“Batam adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar di negara ini, jadi tidak ada salahnya jika dikhususkan karena sejak dahulu juga sudah khusus Batam ini,” ujarnya.

 

Penulis  : Roni Rumahorbo

Editor    : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top