DKP Batam "Gagal" Atasi Sampah yang Menggunung  | SWARAKEPRI.COM
BATAM

DKP Batam “Gagal” Atasi Sampah yang Menggunung 

Sampah Masih Menggunung di Wilayah Batam Center

BATAM – swarakepri.com : Upaya Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan(DKP) untuk mengatasi penumpukan sampah di beberapa wilayah di Batam hingga hari ini, Selasa(6/1/2015) terbukti tidak maksimal. Meskipun sudah mengerahkan armada tambahan, tumpukan sampah masih tetap menggunung di sejumlah lokasi yang ada di wilayah Bengkong, Batam Kota dan Nongsa.

Beberapa lokasi yang masih terlihat penumpukan sampah diantaranya dijalan pasar Cahaya Garden Bengkong, Pasar Bengkong Harapan, jalan Bengong Sadai, Jalan Bukit Palem, Dutamana, Taman Raya, Pasar Botania. Penumpukan sampah-sampah tersebut sudah mengeluarkan bau busuk dan mengganggu pernafasan warga yang melintas.

Afrizal, salah satu pedagang makanan yang berjualan disekitar perumaha Dotamana Batam Center mengaku sangat dirugikan dengan sampah yang masih menumpuk di Dotamana. Ia mengungkapkan penghasilannya jauh merosot karena pelanggan menjadi sepi akibat bau busuk sampah yang menyengat hidung.

“Gimana tidak pada kabur bang pembelinya, tumpukan sampah sudah mengeluarkan bau busuk,” ujarnya kesal, Selasa(6/1/2015).

Dikatakannya tumpukan sampah rumah tangga tersebut dikarenakan ulah warga yang membuang sampah sembarangan dipinggir jalan. Hal ini dilakukan warga karena tempat sampah yang ada di perumahan juga tidak diangkut oleh petugas sampah dari DKP Batam. “Ini sudah ada seminggu belum diangkut bang,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Fauzan, salah satu pedagang di Pasar Botania Batam Center. Ia mengaku 2 minggu terakhir sampah di pasar Botania semakin menggunung dan sudah mengeluarkan bau busuk.

“Kami berharap DKP Batam segera mengangkut sampah yang ada. Kalau dibiarkan terus, para pedangan disini bisa pingsan semua mencium bau busuk sampah,” harapnya.

Namun Petugas Dinas Kebersihan dan Pertahanan (DKP) Kota Batam yang dijumpai saat melakukan memungut dan mengemasi sampah yang berserakan disekitar Bin Kontainer di Botania. kesal terhadap warga yang membuang sampah diluar Bin Kontainer
walaupun sudah disediakan tempatnya.

Sementara itu Dodi, salah satu petugas sampah DKP Batam mengatakan bahwa untuk mempercepat pengangkutan sampah yang telah menggunung dibeberapa lokasi di kelurahan Belian, DKP Batam telah menambah armada untuk mempercepat proses pengangkutan.

Namun demikian ia mengeluhkan ulah warga yang masih tetap membuang sampah diluar bin kontainer yang disediakan sehingga memperlambat proses pengangkutan. ” Sampah yang dibuang diluar bin kontainer terpaksa kita kemas lagi dan dimasukkan ke kantong plastik,” jelasnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan(DKP) Batam, Sulaeman Nababan hingga berita ini diunggah tidak berhasil dikonfirmasi terkait masih banyaknya lokasi penumpukan sampah dibeberapa wilayah di Batam. (red/di)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 4 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top