Fakta Unik Kemenangan Indonesia atas Singapura di Piala AFF 2016 | SWARAKEPRI.COM
BOLA

Fakta Unik Kemenangan Indonesia atas Singapura di Piala AFF 2016

andik vermansyah dan stefano lilipaly/foto : Istimewa

JAKARTA- Pelatih Alfred Riedl membuktikan optimismenya bisa mengantar timnas Indonesia mengalahkan Singapura dan menyegel satu tempat di babak Semifinal Piala AFF 2016. Boaz Salossa dan kawan-kawan menang dengan skor 2-1 atas Singapura.

Laga yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Filipina ini berjalan tidak mudah untuk Indonesia. Pada babak pertama Indonesia lebih banyak tertekan dan bahkan sempat tertinggal oleh gol Khairul Amri.

Namun, Skuat Garuda menunjukkan semangat juang yang tinggi pada babak kedua. Indonesia sukses membalikkan kedudukan lewat gol dari aksi Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly.

Pada laga ini, Bola.net mencatat ada beberapa fakta unik tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apa saja fakta uniknya? Simak selengkapnya disini :

1. Gol Khairul Amri
Singapura mengawali laga ini dengan baik. The Lions bahkan sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Khairul Amri pada menit ke-27. Gol tersebut dicetak lewat proses yang cantik.

Fakta uniknya, gol Khairul Amri menjadi satu-satunya gol Singapura di Piala AFF 2016.

Selanjutnya, pemain berusia 31 tahun ini ternyata pernah berkiprah di Indonesia. Amri tercatat pernah membela Persiba Balikpapan pada musim 2010-2011 yang lalu.

Amri bukan satu-satunya pemain Singapura yang pernah bermain di Indonesia. Karena masih ada nama Sharil Ishak (Persib Bandung), Mustafic Fachrudin (Persija Jakarta dan Persela Lamongan), Baihakki Khaizan (Persib Bandung dan Persija Jakarta).

2. Memori Manis Gol Andik ke Gawang Singapura
Rizki Pora melepas umpan manis dari sisi kanan serangan Indonesia. Andik Vermansah membuat pergerakan penting dengan masuk dari lini kedua dan menyambut umpan Rizki menjadi gol pada menit ke-62.

Gol yang membangkitkan semangat juang Indonesia. Gol yang kemudian membuat Indonesia bangkit dan menang dengan skor 2-1.

Gol Andik ini sekaligus memutar memori para pecinta sepakbola Indonesia pada momen Piala AFF 2012 yang lalu. Kala itu, Andik juga mencetak gol ke gawang Singapura.

Fakta uniknya, saat Andik mencetak gol ke gawang Singapura, Indonesia selalu menang.

3.Dua Gol ‘Pemain Asing’
Ada yang unik dari gol yang dicetak oleh timnas Indonesia pada pertandingan ini. Apa itu? Para pencetak golnya tidak bermain di kompetisi Indonesia.

Andik Vermansyah yang mencetak gol pertama saat ini tercatat sebagai pemain klub Selangor FA di Liga Malaysia.

Lalu, Stefano Lilipaly yang mencetak gol kedua merupakan pemain dari klub SC Telstar, klub Eerste Divisie, kasta kedua di kompetisi Belanda.

4. Penampilan Perdana Manahati
Pada menit ke-73, Riedl melakukan pergantian pemain dengan menarik Benny Wahyudi dan memasukkan Manahati Lestusen.

Fakta uniknya, ini merupakan penampilan pertama Manahati di ajang Piala AFF 2016. Pemain yang membela klub PS TNI ini juga tampil pada laga Piala AFF tahun 2014 yang lalu.

Selain itu, ini juga untuk pertama kalinya Benny Wahyudi ditarik keluar oleh Riedl. Pada dua laga sebelumnya, bek asal Arema Cronus ini selalu tampil penuh selama 90 menit.

 

 

BOLA.NET

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 11 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top