Gaet Wisatawan, Disparbud Karimun Gelar Lomba Jong | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Gaet Wisatawan, Disparbud Karimun Gelar Lomba Jong

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim saat menyaksikan beberapa perahu Jong yang akan mengikuti lomba di pantai Pongkar Desa Pangke, Jumat(10/8)/Foto : IST

KARIMUN – Guna menggaet wisatawan dalam dan luar negeri, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun menggelar lomba Jong di pantai Pongkar Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Tanjung Balai Karimun, Jumat (10/8/2018). Lomba Jong itu secara resmi dibuka Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim.

Dalam sambutannya, Anwar Hasyim menyampaikan permohonan maaf karena terlambat menghadiri dan membuka lomba secara resmi dikarenakan harus terlebih dahulu melayat kerumah duka Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Dimana Ibunda tercinta orang nomor satu di Kepri ini wafat tadi malam (Kamis 9 Agustus 2018) malam dan diagendakan dikebumikan pada hari ini Ba’da Sholat Jumat.

Anwar mengucapkan selamat datang kepada seluruh para peserta yang mengikuti perlombaan. Baik peserta dari Kabupaten tetangga yaitu, Kabupaten Bengkalis, Dumai dan Selat Panjang. Selain itu, kepada peserta dari negara tetangga, Malaysia juga diucapkan selamat datang dan selamat mengikuti perlombaan.

Ditambahkan, permainan jong ini sudah diwariskan turun temurun oleh nenek moyang bangsa Melayu. Permainan ini digelar saat waktu segang atau angin kencang melanda perairan Kepri. Saat nelayan tidak melaut, mereka memainkan Jong ini. Jadi pengisi waktu lowong, tambahnya.

Sementara itu Kadis Disparbud Kabupten Karimun, Zamri mengatakan bahwa kegiatan perlombaan Jong tersebut digelar guna untuk menarik, menggaet ataupun mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Karimun. Festival Jong digelar tidak tetap setiap tahunnya, karena permainan ini digelar berdasarkan dengan angin dan cuaca.

Di samping itu sambung Zamri, festival atau perlombaan Jong ini merupakan budaya Melayu yang perlu sekali dipertahankan dan sangat perlu dilestarikan agar tidak mati pada generasi berikutnya. Apalagi budaya melayu didaerah Kabupaten Karimun ini.

Pembukaan lomba Jong tersebut ditandai dengan pembunyiaan terompet angin dan dihadiri sejumlah OPD dan tamu undangan lainya.

 

 
Penulis : Hasian

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + eleven =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top