Google akan Buat Fitur Baru untuk Keamanan Gmail | SWARAKEPRI.COM
TEKNOLOGI

Google akan Buat Fitur Baru untuk Keamanan Gmail

Fitur Baru untuk Mengenali email tidak Terenskripsi

SWARAKEPRI.com – Perusahaan Multinasional asal Amerika Serikat, Google dikabarkan sedang membuat fitur baru untuk membantu pengguna untuk mengenali resiko saat membuka email yang tidak terenskripsi.

Fitur baru tersebut nantinya akan memberikan notifikasi bagi pengguna saat menerima email yang tidak terenskripsi.

Untuk mewujudkan fitur tersebut, Google telah melakukan penelitian tentang keamanan Gmail selama dua tahun ini bekerjasama dengan University of Michigan.

Seperti yang dikutip dari The Verge, hasil penelitian ini menujukkan hasil yang menjanjikan dan membuktikan bahwa semakin banyak pihak yang menggunakan email yang terenkripsi.

Melalui penelitian ini, Google menemukan, dari Desember 2013 hingga Oktober 2015, jumlah email terenkripsi yang Gmail terima dari sumber non-Gmail meningkat dari 33 persen ke 61 persen.

Dalam rentang waktu yang sama, jumlah pesan yang dienkripsi menggunakan TLS yang dikirimkan dari Gmail ke penerima non-Gmail meningkat dari 60 persen menjadi 80 persen.

Hal lain yang Google temukan adalah bahwa teknologi yang akan melindungi pengguna dari phising atau pemalsuan identitas telah mulai marak digunakan.

Meskipun begitu, Google juga menemukan adanya pihak yang berusaha untuk mengacaukan enkripsi yang ada pada DNS server. Hal ini akan memungkinkan penyerang untuk mencegat email yang sedang dikirim ke pengguna dan mengubah email tersebut sebelum ia diterima.

Google sedang berusaha untuk memastikan agar serangan seperti ini tidak akan terjadi. Fitur notifikasi tentang email tidak terenkripsi akan muncul dalam waktu beberapa bulan ke depan.(red/mtv)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Popular Post

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top