Gubernur Kepri Lantik Mabicab dan Kwarcab Pramuka Karimun | SWARAKEPRI.COM
Karimun

Gubernur Kepri Lantik Mabicab dan Kwarcab Pramuka Karimun

Gunernur Kepri, Nurdin Basirun selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kepri melantik Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Karimun, Kamis (10/1/2018) di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun. (Foto/Hasian Sinaga)

KARIMUN – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun melantik Majlis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun masa bakti 2018-2023, Kamis (10/1/2018) pagi di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun. Pelantikan itu turut dihadiri Ketua Kwartir Daerah gerakan Pramuka Provinsi Kepri, Arif Fadillah, FKPD, Pimpinan OPD serta Pengurus Pramuka se-Kabupaten.

Gunernur Kepri, Nurdin Basirun yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kepri berharap dengan dilantiknya Mabicab dan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun mampu menghadirkan program-program untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus sesuai dengan situasi sosial generasi muda saat ini dan mampu menjawab tantangan zaman.

“Kepri merupakan daerah yang sangat strategis dan potensial. Untuk itu, mari kita tingkatkan gotong-royong dalam memajukan kegiatan Pramuka, untuk menjaga generasi muda dari hal-hal yang negatif,” ungkapnya.

Dikatakan, Gerakan Pramuka merupakan wadah strategis untuk mendidik dan membina generasi muda agar menjadi generasi yang bertakwa, memiliki kepribadian yang tangguh, berjiwa pemimpin, terampil dan berpengetahuan, bertanggungjawab serta sehat dan kuat jasmaninya. Selain itu, Gerakan Pramuka juga mempunyai kesetiakawanan dan kepedulian sosial yang tinggi.

Oleh Karena itu, Nurdin menilai pentingnya kembali mengaungkan Gerakan Pramuka di Kepri. Begitu juga di Kabupaten Karimun. Pembinaan Pramuka di Karimun, sambungnya, sudah pernah meraih prestasi ditingkat nasional maupun ditingkat internasional. Dimana Pramuka Karimun pernah mewakili Provinsi Kepri untuk tingkat dunia. Untuk itu, hal ini perlu ditingkatkan lagi.

Dijelaskan, kegiatan pembinaan yang dilakukan, selain sebagai benteng, juga untuk mengantisipasi agar para generasi muda di Kepri tidak terjerumus  atau terlibat pada paham radikalisme yang yentunya tidak sesuai dengan Pancasila. Selain itu  gugusan pemuda pergerakan Pramuka juga harus dapatberperan sebagi anti hoax, Ujaran Kebencian dan narkoba. Sehingga dapat terlahir generasi-generasi muda yang sehat dan berdaya saing.

“Saya memandang penting kembali menggaungkan Gerakan Pramuka.  Agar generasi muda terhindar dari ancaman yang merusak masa depan mereka. Selain itu, dengan keaktifan dalam kegiatan ini, juga mengantisipasi adanya ancaman radikal maupun ancaman sosial lainya yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa dan negara khususnya di Kepri yang kita cintai ini,” tegasnya.

Kesempatan sama, Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang juga dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun berharap kepada seluruh pengurus Kwarcab yang baru dilantik dapat meningkatkan aktivitas dan aktif dalam pembinaan-pembinaan. Sehingga dapat membangun generasi muda yang berkarakter.

 

 

Penulis : Hasian

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 9 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top