Harga Sembako di Batam Merangkak Naik | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Harga Sembako di Batam Merangkak Naik

Pasca Kenaikan Harga BBM

BATAM – swarakepri.com : Harga eceran kebutuhan pokok di Batam merangkak naik setelah pihak distributor menaikkan harga di semua grosir, toko dan pasar tradisional yang ada di Batam pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak(BBM) oleh Pemerintah.

Dari hasil pantauan media ini dibeberapa grosir dan pasar tradisional di daerah Batu Aji dan Bengkong, harga sembako telah mengalami kenaikan. Seperti harga telur yang sebelumnya hanya Rp 1000 per butir sekarang menjadi Rp 1500 perbutir. Minyak goreng dari Rp 9000 per kg menjadi Rp 12.000 per kg, kemudian harga mie instan(Indomie goreng) yang mengalami kenaikan dari Rp 1000 – Rp 3000 per karton.

Akiat(42), salah seorang pedagang di Pasar Aviari kepada swarakepri mengatakan kenaikan harga eceran sembako terpaksa dilakukan untuk menyiasati pembelian barang baru.”Kita harus naikkan harga mas untuk mensiasati pembelian barang baru dan adanya kenaikan biaya transportasi barang yang didatangkan dari luar batam,” ujarnya,Selasa(25/6/2013).

Hal senada juga disampaikan Ahok(39), pedagang glosir di Cahaya Garden. Ia mengaku kenaikan harga sembako tidak dapat dielakkan lagi karena pihak distributor sudah menaikkan harga. “Distributor beralasan harga dari pabrik juga sudah naik karena bebab biaya transportasi yang meningkat.Kami terpaksa juga harus menaikan harga kepada pembeli,”jelasnya.

Ahok berharap survei harga sembako oleh Disperindag Batam jangan hanya dilakukan di pasar tradisonal dan grosir, tapi juga dilakukan di pihak distributor.”Distributor juga harus diawasi pemerintah, karena merekalah yang menyalurkan sembako ke pasar dan grosir,” harapnya.

Sementara itu salah satu distributor Indomie yang cukup besar diBatam ketika dikonfirmasi mengakui telah menaikkan harga Indomie kepada grosir dan toko-toko mitranya dengan alasan biaya transportasi dari pabrik sudah naik.(adi)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top