HPS Nasional, Polres Karimun Gelar Giat Bersih-Bersih Sampah | SWARAKEPRI.COM
Karimun

HPS Nasional, Polres Karimun Gelar Giat Bersih-Bersih Sampah

KARIMUN – Kepolisian Resor (Polres) Karimun menggelar kegiatan bersih-bersih sampah di laut dan pantai Costal Area, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta meninjau atau menyambangi tempat daur ulang atau tempat pembuatan kompos di Kelurahan Sungai Pasir Kecamatan Meral Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (21/2/2019) pagi.

Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K kepada swarakepri.com mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam rangka memperingati Hari Perduli Sampah (HPS) Nasional Tahun 2019. Dikatakan, sebelum melaksanakan bersih-bersih sampah, diawali dengan rangkaian apel bersama di TPA Sememal Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat.

Disebutkan, apel bersama dalam rangkaian peringatan HPS Nasional 2019 itu turut diikuti personil jajaran Polres Karimun, Dinas Lingkungan Hidup (LH), Dinas Kebersihan, Sat Polairud, BKO Dit Polairud Polda Kepri, Nelayan Kabupaten Karimun, Toga dan Tomas, Ketua Lembaga Adat Melayu, FKPPI, Basarnas KSOP (Syahbandar), Bea dan Cukai, Buruh kebersihan, Pelajar, Melayu Raya dan Bhayangkari Karimun.

“Kegiatan yang kita laksanakan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan kita awali dengan apel bersama sekira Pukul 08.00 WIB. Dilanjutkan dengan bersih-bersih. Sekira Pukul 11.00 WIB, kegiatan selesai,” jelas Hengky.

Ditambahkan, adapun tujuan kegiatan yang dilaksanakan, selain bentuk dukungan program Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Karimun yang bersih, indah dan lestari, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan hidup serta hidup sehat tanpa sampah. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Menurutnya, kebersihan lingkungan, khususmya dari sampah, merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Artinya, bukan hanya tugas pemerintah atau instansi terkait saja.Tetapi juga merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh lapisan ataupun elemen masyarakat Kabupaten Karimun. Dalam kegiatan itu, tambahnya lagi, kita juga mendapatkan pemahaman bagaimana cara mendaur atau mengolah sampah menjadi bermamfaat.

“Saat bersih-bersih di TPA, kita juga diberi pemahaman bagaimana cara mengolah sampah menjadi bermamfaat seperti kompos dan bio gas. Tentunya hal ini sangat bermamfaat. Artinya, sampah dapat diolah untuk dimamfaatkan,” paparnya.

Tujuan lainya kegiatan ini, juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat sampah yang menyumbat aliran-aliran air. Seperti pada drenase-drenase ataupun aliran air lainya.  Selain itu, juga untuk menghindari adanya penyebaran berbagai macam penyakit serta bau tidak sedap dari sampah. Kegiatan itu, diikuti ratusan personil gabungan TNI-Polri , tim ormas, pelajar dan dinas terkait.

 

Penulis : Hasian

 

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top