Huawei Sebut Tudingan CIA tidak Berdasar | SWARAKEPRI.COM
DUNIA

Huawei Sebut Tudingan CIA tidak Berdasar

CIA Tuding Huewei adalah Perusahaan Mata-mata China

BATAM – swarakepri.com : Tudingan Michael Hayden, salah seorang pejabat CIA yang menyebutkan Huawei adalah perusahaan yang sengaja menjadi kaki tangan pemerintah China untuk melakukan aksi spionase terhadap negara-negara barat dibantah keras oleh pihak Huawei.

“Tidak berdasar, fitnah dan menyedihkan. Apa yang menjadikan dasar bagi dia (Hayden) untuk menuduh kami punya ikatan dengan pemerintah China bahkan sebagai mata-mata mereka?” sanggah pihak Huawei seperti dikutip dari Bloomberg (19/07/2013).

Selain Huawei, ZTE yang juga merupakan perusahaan mobile asal China tidak luput dari tudingan sebagai kaki tangan pemerintah mereka untuk mencuri informasi dan mengirimkannya ke pihak Beijing.

Sebelumnya Mantan direktur Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) Michael Hayden mengatakan bahwa ada pihak yang menjadi ‘mata’ bagi Beijing, China. Pihak yang dimaksud adalah Huawei, salah satu vendor mobile terbesar di China saat ini.

Hayden mengatakan bahwa Huawei sengaja menjadi kaki tangan pemerintah untuk melakukan aksi spionase terhadap negara-negara barat. Bahkan, secara tidak tanggung-tanggung, Heyden mengatakan bahwa apa yang dikatakannya tersebut benar dan bukan mengada-ada. “Mereka (Huawei) adalah mata-mata Beijing untuk negara barat, khususnya Amerika Serikat dan Australia,” ungkap Hayden.

Secara tegas, hayden juga mengatakan bahwa hal yang dia ungkapkan bukan prasangka buta saja melainkan diambil dari pengalaman empat dekade sebagai petugas intelijen baik di NSA atau juga CIA.

“Kesimpulan saya, sangat tidak bisa diterima jika Huawei menciptakan tulang punggung jaringan telekomunikasi domestik di Amerika Serikat, titik. Dan jujur, di sini saya pikir pemerintah punya peran untuk menjamin kita untuk tidak membuat keputusan dengan mempertaruhkan dasar-dasar keamanan nasional kita,” jelasnya.(merdeka)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top