HUT TNI-AL Ke-73, Lanal TBK Gelar Upacara dan Donor Darah | SWARAKEPRI.COM
Karimun

HUT TNI-AL Ke-73, Lanal TBK Gelar Upacara dan Donor Darah

Lanal TBK menggelar upacara militer di Makolanal Tanjung balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/9/2018)

KARIMUN – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI-AL yang ke-73 Tahun 2018, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) menggelar upacara militer, Senin (10/9/2018) di Makolanal Tanjung balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Usai upacara peringatan HUT itu, Lanal TBK juga menggelar Donor Darah.

Upacara peringatan HUT TNI-AL di Lanala TBK tersebut, dipimpin langsung oleh Komandan Lanal (Danlanal) Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro SE M.Tr Hanla. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) yang mengangkat tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun Bangsa guna mewujudkan kesejahteraan melalui laut”, Komandan Unit (Danunit) Intel Lanal Letda laut (KH) Hartono.

Dalam amanat Kepala Satuan Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Aji SE yang dibacakan Danlanal TBK menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara hari jadi memiliki arti sangat penting bagi TNI AL, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI AL yang Kita cintai dan Kita banggakan.

Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, lanjutnya, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar dengan Sumber daya laut Kita sangat melimpah. Namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan Rakyat Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadal permasalahan Bangsa.

Dalam amanat Kasal juga disampaikan bahwa makna dari tema tersebut, TNI AL bersama segenap komponen Bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri Bangsa sbg Bangsa Maritim yang berjaya dilaut.
Dinamika yang perlu dicermati dalam kurun lima tahun kedepan diantaranya, pertumbuhan ekonomi yg berimplikasi pada perkembangan kekuatan Militer khususnya dikawasan Asia pasifik.

Dinamika ini sangat mempengaruhi polah dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan Multidimensional, berupa ancaman Militer, non Militer dan ancaman Hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata. Oleh karena itu menjadi TNI AL yg profesional dan didukung Alutsista modern merupakan keniscayaan untuk menghadapi dinamika ancaman tersebut.

Peringatan HUT TNI-AL ke-73 Tahun 2018 ini, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Aji SE juga menekankan agar seluruh jajaran TNI-AL diseluruh Indonesia agar memelihara dan meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

Meningkatkan tersus kualitas diri sebagai Prajurit TNI AL yabg Profesional, pedomi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan wajib TNI dan Trisila TNI AL dalam setiap pelaksanaan tugas. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab, disertai kerelaan berkorban dan Integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian Kita kepada Rakyat, Bangsa dan Negara.

Selain itu, melihara Alutsista yang dipercayakan Negara dengan baik, agar tetap dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas secara optimal dan utamakan prinsip Zero Accident serta terpkan Risk Management pada setiap pelaksanaan tugas serta meningkatkan kewaspdaan dan antisipasi terhadap perkembangan lingkungan Strategis yang selalu bergerak dinamis.

Hal itu tentunya agar Kita dapat bertindak Proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara, tandasnya. Upacara yang dilanjutkan dengan donor darah di Aula Yos Sudarso Mako Lanal TBK itu, diikuti Perwira, Staf, Bintara dan Tamtama serta Pramuka Saka bahari didikan Lanal TBK.

 

 

Penulis : Hasian

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top