Imigrasi Batam Diduga Tangkap Lepas WNA asal Malaysia | SWARAKEPRI.COM
HUKRIM

Imigrasi Batam Diduga Tangkap Lepas WNA asal Malaysia

BATAM – Imigrasi Kelas I khusus Batam diduga melakukan tangkap lepas seorang Warga Negara Asing(WNA) asal Malaysia berinisial R, Rabu(16/3/2016) siang.

 

Informasi yang diperoleh dilapangan, R diamankan petugas saat menjalani wawancara untuk permohonan paspor di Kantor Imigrasi Batam. Setelah diamankan dan diinterogasi di bagian Wasdakim, R kabarnya telah dilepaskan.

 

“WNA itu diamankan petugas saat wawancara, setelah itu diinterogasi di bagian Wasdakim,” ujar narasumber AMOK Group yang meminta namanya tidak dipublikasikan, Kamis(17/3/2016) sore.

 

Dia mengatakan WNA asal Malaysia tersebut mengurus paspor di Imigrasi Batam menggunakan jalur pemohon langsung atau YBS(istilah di Imigrasi Batam,red) dan diduga dibantu salah satu oknum petugas Imigrasi.

 

“Berkasnya lewat jalur YBS, kabarnya berkas WNA itu ada rekomendasi dari oknum pejabat Imigrasi,” ujarnya.

 

Dikatakannya peristiwa diamankannya WNA itu tidak berselang lama dengan adanya peristiwa pencurian di ruang pelayanan paspor Imigrasi Batam.

 

“Saat kejadian itu sempat heboh mas, soalnya saat itu ada juga peristiwa pencurian,”jelasnya.

 

Kabid lalintuskim Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Sugeng Hartanto ketika dikonfirmasi mengakui pihaknya mengamankan seorang WNA hari Rabu(16/3) siang.

 

“Iya betul,” ujar Sugeng saat ditanyakan apakan benar petugas Imigrasi berinsial FD yang mengamankan WNA tersebut.

 

Ditanya soal adanya dugaan rekomendasi pada berkas permohonan milik WNA tersebut, dengan tegas Sugeng langsung membantahnya.

 

“Tandatangan dari mana? Aku yang nangkep, gimana sih? Itu tidak ada rekomendasi om. Itu salah informasi, sekarang ke Wasdakim saja kalau mau,” ujarnya sambil mengajak AMOK Group ke bagian Wasdakim.

 

Hal senada juga dikatakan Kasi Pengawasan Keimigrasian(Waskim) Imigrasi Batam, Hamdan M Al-Amin. Ia mengakui adanya WNA asal Malaysia yang diamankan petugas.

 

“Bukan penangkapan, tapi pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya sambil mengaku tidak bersedia menyebutkan nama lengkap WNA tersebut.

 

Dia mengatakan saat WNA tersebut diamankan, petugas tidak menemukan adanya berkas permohonan paspor atas nama WNA tersebut.

 

“Berkasnya itu tidak ada, emang belum mohon dia,” katanya.

 

Menurut Hamdan, alasan diamankannya WNA tersebut karena sudah dicurigai petugas. “Dia kita panggil ke dalam, ditanya kamu mau apa?,” jelasnya.

 

Dia juga mengatakan bahwa saat ini WNA tersebut masih berada di Batam dan menginap di salah satu Hotel, dan masih dalam pengawasan Imigrasi Batam.

 

“Kami bukan melepasnya, tapi melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dia menginap di Hotel. Kita terus awasi, penjaminnya ada seorang wanita,” jelasnya.

 

Menurutnya WNA tersebut mengaku telah ditipu oleh seseorang dan saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran.

 

“Dia datang kesini diarahkan oleh seseorang, dia mengira bisa perpanjang izin tinggal, dan orang itu masih dalam pengejaran kami,”jelasnya.

 

Dikatakan Hamdan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari pimpin terkait status WNA tersebut.

(red/dro/jef)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top