Indonesia Lambat Menerapkan Sistem Registrasi Ulang Kartu Prabayar | SWARAKEPRI.COM
TEKNOLOGI

Indonesia Lambat Menerapkan Sistem Registrasi Ulang Kartu Prabayar

ilustrasi/foto : ist

JAKARTA – Indonesia tergolong lambat dalam penerapan aturan registrasi kartu prabayar. Sebab, peraturan terkait registrasi kartu sim prabayar sudah cukup lama diadopsi oleh negara-negara lain di ASEAN.

“Di ASEAN paling lambat nomor dua terakhir registrasi padahal penduduk paling banyak,” kata Menteri Komunikasi Rudiantara, di sela acara Siberkreatif di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (5/11).

Terkait kegagalan registrasi, ia menilai hal itu adalah kewajaran. Sebab, pelanggan perlu sabaran dan teliti untuk mamsukkan 16 digit nomor KK dan NIK. Selain itu, menurutnya jumlah kartu yang harus diregistrasi pun cukup besar.

“Kita berhadapan dengan […] (data) yang lebih kurang 300 juta. Ini luar biasa besar. Saat ini verifikasi (data ke dukcapil) yang paling besar itu adalah untuk BPJS 180juta. Ini (kartu prabayar) perkiraannya ada 300juta,” jelasnya.

Tingginya jumlah kartu prabayar yang harus melakukan registrasi inilah yang jadi pertimbangan pemerintah untuk memberikan tenggat waktu registrasi hingga 28 Februari 2018.

“Kalau kita lihat sampai hari ini mungkin sudah 40an juta, jadi sudah bagus dan kami yakin bahwa ini akan bertambah baik,” tambahnya.

Laporan mengenai jumlah pelanggan yang telah melakukan registrasi sendiri dapat diakses melalui laman resmi Kemenkominfo. https://www.kominfo.go.id/

Menurut Rudiantara, selain dapat menjadi database operator, registrasi kartu akan menghindarkan pelanggan dari pesan singkat (SMS) berisi penipuan atau informasi palsu atau hoax. Selama ini memang pelanggan mengeluh soal SMS berisi permintaan pulsa atau informasi transfer dana.

“Enggak mau kan dapat SMS mama minta pulsa atau kredit?” ucap Rudiantara.

 

 

Editor    : Roni Rumahorbo

Sumber : CNN Indonesia

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − eleven =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top