Ini Alasan Puncak Gunung Daik Sulit Ditaklukkan Para Pendaki | SWARAKEPRI.COM
Lingga

Ini Alasan Puncak Gunung Daik Sulit Ditaklukkan Para Pendaki

PEMANDANGAN GUNUNG DAIK DARI PELABUHAN BUTON, DAIK LINGGA/FOTO: SWARAKEPRI

LINGGA – Gunung Daik merupakan gunung tertinggi di Provinsi Kepri dan menjadi destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Lingga.

Gunung Daik memiliki ketinggian 1.165 dpl atau 3.822 kaki dengan karakteristik puncak terdiri dari 3 cabang, puncak tertinggi diberi nama Gunung Daik, puncak tengah bernama Gunung Pejantan dan yang terendah disebut Gunung Cindai Menangis.

Gunung Daik sendiri memiliki jalur pandakian yang sangat sulit karena sangat terjal dan juga berliku, tapi tidak perlu khawatir karena di Gunung Daik ada tour guide / pemandu wisata yang siap membantu menyusuri keindahan alam Gunung Daik.

“(Wisata) Gunung Daik juga memiliki tour guide karena (jalur pendakian) terjal sekali sehingga jika tidak ada yang mendampingi (para pendaki) akan kesulitan,” ujar Plt Sekretaris Daerah Lingga Junaidi Adzam kepada SWARAKEPRI, pada Rabu (20/12/2017).

Lanjutnya, Pemerintah Kab. Lingga telah membuat event pendakian Gunung Daik yang diselenggarakan rutin tiap tahun, baru-baru saja ada kunjungan Wisman dari Malaysia melakukan pendakian di Gunung Daik.

“Agenda tahunan di Kabupaten Lingga dihadiri wisatawan mancanegara untuk melaksanakan pendakian di Gunung Daik, jadi (wisata alam) itu terbuka untuk umum, tidak hanya moment-moment tertentu,” ujarnya.

Kata dia, sampai saat ini para pendaki gunung belum bisa mencapai puncak gunung yang bercabang tiga dikarenakan medan pendakian yang terjal, licin dan berbatuan.

 

Penulis  : Putri Anasyah Tajri

Editor    : Siska

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top