Ini Kata Notaris Syaifudin Soal AJB Apartemen Hotel BCC Batam | SWARAKEPRI.COM
HUKRIM

Ini Kata Notaris Syaifudin Soal AJB Apartemen Hotel BCC Batam

Illustrasi Notaris/ist

Terkait Dugaan Penggelapan Pajak pada Pembuatan AJB

BATAM – swarakepri.com : Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah(PPAT) Syaifudin,SH menolak memberikan komentar terkait adanya dugaan penggelapan pajak pada pembuatan Akta Jual Beli(AJB) puluhan apartemen di Hotel Batam City Condotel(BCC) tahun 2013 lalu.

“Saya tidak bisa memberikan komentar apapun terkait kasus, karena saya terikat dengan sumpah jabatan Notaris,” ujar Syaifuddin, Selasa(7/7/2015).

Ia mengatakan sumpah jabatan Notaris tersebut diatur dalam pasal 4 ayat (2) Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

“Dalam Undang-undang itu Notaris bersumpah/berjanji merahasiakan isi akta dan keterangan yang diperoleh dalam pelaksanaan jabatan,” jelasnya.

Terkait isi Akta Jual Beli(AJB) apartemen BCC Hotel tersebut, ia menganjurkan untuk bertanya langsung kepada para pihak yang ada.

“Sesuai tugas, saya buat akta atas permintaan klien. Soal isi akta silahkan ditanya kepada para pihak,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya terbitnya Akte Jual Beli(AJB) puluhan apartemen Hotel Batam City Condotel(BCC) Batam milik PT Bangun Megah Semesta(BMS) di Kantor Notaris Syaifuddin tahun 2013 lalu dianggap salah karena tidak membuat fakta sesuai dengan nilai transaksi riil yang dibuat pada Perjanjian Pengikatan Jual Beli(PPJB).

“Ada dugaan kesengajaan mengurangi pajak yang bisa berdampak adanya indikasi penggelapan pajak,” ujar Pengacara Conti Chandra, Alfonso Napitupulu kepada swarakepri.com, sore ini, Selasa(30/6/2015) di Batam.

Alfonso mengatakan adanya kesengajaan mengurangi pajak oleh para pihak dan Notaris dapat dikenakan sanksi pidana penggelapan pajak dan tindak pidana korupsi karena negara telah dirugikan.

“Penegak hukum harus mengungkap dugaan penggelapan pajak ini,” tegas Alfonso.

Menurutnya sesuai dengan Undang-undang perpajakan, nilai transaksi riil di PPJB harus sama dengan yang dibuat di AJB. Hal inilah yang menjadi indikasi bahwa jual beli apartemen BCC Hotel diduga terjadi penggelapan pajak.

“Tidak boleh nilai jual lebih rendah dari fakta yang dibayarkan. Itu menyembunyikan fakta namanya,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai pihak penjual(PT BMS) dan pembeli apartemen, Alfonso mengaku hal itu harus dilihat dari pihak mana yang mengarahkan untuk mengurangi pembayaran pajak.

“Harusnya Notaris menjelaskan aturan yang ada kepada para pihak. Jangan karena permintaan para pihak Notaris meneribitkan akta. Kalau begini caranya, rontoklah negara ini,” ujarnya.(red/rudi)

KOMENTAR FACEBOOK
16 Comments

16 Comments

  1. ramon singgih

    7 July 2015 at 8:23 pm

    notaris abal2 disuruh bikin surat yg penuh tipumuslihat nurut sj macem gelarbodong tak ngerti hukum

  2. Nata

    7 July 2015 at 10:11 pm

    Notaris Syaifudiin biasa makan ikan asin yg bau bau busuk petai jengkol skali dikasih cipta makan durian yg harum lalu mabuk ,,,dan tjipta minta syaifidin makan yg lebih harum lagi kata cipta makan lah uang negara ato gelap kan pajak mari kita makan bersama. Sama Bro. Bussssssyet lu Syaifidin

  3. John lee

    7 July 2015 at 10:31 pm

    Al mak notaris pengelap pajak apa kata dunia notaris syaifudin kaya nya dari pengelapan uang pajak ,,biasa nyolong nyolomg uang kecil. Lama lama bergabung dgn tjipta ya nyolong uang negara ,

  4. Abas

    7 July 2015 at 10:54 pm

    Pengelapan pajak termasuk kejahatan ,,,kejahatan ini di lakukan oleh orang yg mengerti akan seluk beluk untuk melakukan nya ,,,,,notaris syaifudin merupakan aktor atau otak kotor untuk bersama cipta melakukan perampokkan uang negara pengelapan pajak segi tiga penjual ,pembeli ,,notaris bertiga bermain selingkuhan ,bentar lg juga akan dikejar ama aparat pajak

  5. syaifudin

    8 July 2015 at 12:24 am

    sy akui sy salah habisnya tjipta jg bs ngasih ratusan juta skali mbikinin surat bcc hotel.rumahku diblakang kantorku jg butuh matrial,mobilku jg dah gak bagus lg,yaaah mo gmana lg,u,ang panas sedap nian,awak tak bise nolak,urusan dirajam,ntar-ntar lah palingan nguap sendiri,tp nyatanya takdir bicara lain,smua kesingkap terang benderang

  6. Majudin

    8 July 2015 at 12:37 am

    Ini komentar Notaris Syaifudin ..tentang AJB apartemen BCC ,,habisnya mau bagaimana ya cari uang susah enakan nyaaa long duit biar gue juga setara dgn notaris yonri yg keren ,,gua gak mau bikin surat 2 palsu !,eperti Anly spesilis gua di pajakk deh …

    • eno juanda

      8 July 2015 at 12:46 am

      betul tuh pak,piciknya notaris yg licik ngikut klakuan busuk tjipta

  7. mira minati

    8 July 2015 at 12:42 am

    bodohnya notaris syaifudin demi segepok duit haram,matikan hati nurani,bikin malu notaris sebatam,pikirnya bikin surat gak perlu bahas deliknya,yg penting buncitin perut dulu,lantaklantak lah kau,biadap bener notaris ini,nyimak britanya salah satu konspirasi paling busuk dlm dunia investasi dibatam,keparat,bgm istri dan ande punya anak prempuan,sperti sy sj miris ngikutin kasus ini

  8. tjielamkho

    8 July 2015 at 1:03 am

    ketahuan notaris ikut kongsi jahat ini,mana nih ikatan notaris batam, liat noh anggotanya ada yg jd begal surat negara

  9. nurdin

    8 July 2015 at 5:17 am

    menyimak brita ini ada kecenderungan modus kesengajaan penipuan,smoga hukum msh bs tegak dibatam

  10. Sultan

    8 July 2015 at 5:35 am

    Benar ya bau telur busuk (((( tjipta fujiata))))
    merebak di seantoro kepri .. Banyak yg terlibat dalam ambil alih hotel BCC HOTEL SERAM JUGA ORANG YG BERNAMA TJIPTA FUJI MEMPUNYAI JARINGAN KEJAHATAN TERORGANISIR ..KITA BISA LIHAT SEKARANG DENGAN MATA TELANJANG SIAPA 2 aja dibalik ini trim.s

  11. Andi kusuma

    8 July 2015 at 6:48 am

    Notaris Syaifudin berkolaborasi dgn tjipta fujiarta dalam hal pengelapan pajak serta membantu tjipta merampas hotel bcc dari tangan conti dalam berita ini sudah menjadi berita nasional ,,,,maaf ya pembaca nama nama tjipta ..saifudin ,,anly c ,tu seperti bau bangkai ayam batu aji yg pak wartawan tulis senang kan pembaca yg ber bau busuk hooo hooo lanjuttkan terus brooooo

  12. Tan peng hok

    8 July 2015 at 11:15 am

    Prinsip 5 c
    1 C :::Chenli tahu aturan main ,,gerti apa mau anda
    2 C ::::Cuan,,, adahasilnya bagi yg ikut serta
    3 C::::::Cincau. Tak banyak perhitungan
    4 C;;;;;;Ciak Makan makan enak
    5 C:::::::: caau. Udah makan ya lari cepat cepat
    Tjipta mempunyai prinsip 5C Itu kitab tjipta

  13. soni

    8 July 2015 at 3:29 pm

    hukum dikebiri negara bs rontok krn manusia2 tak berakal ini

  14. nanang

    8 July 2015 at 5:55 pm

    macem mana sih muka syaifudin buat jaga2 ntar jgn mpe jd korban,ngeri skali ulahnya bikin kaco bikin surat2 penti

  15. Santoso

    9 July 2015 at 4:36 pm

    Berita bangkai ayam ,,telur busuk ,,bau petai ,,bau durian yg paling cocok judulnya. Tjipta fudjiarta mempunyai yang ber bau bangkai ayam,,ha haha semua berbau busuk ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top