Ini Makna Pancasila Menurut Uba Ingan Sigalingging | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Ini Makna Pancasila Menurut Uba Ingan Sigalingging

diskusi umum dan terbuka pancasila di abad 21/foto : roni rumahorbo

BATAM – Ketua LSM Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) Uba Ingan Sigalingging mengatakan Pancasila merupakan nilai luhur pejuang dan jati diri bangsa Indonesia yang harus dipertahankan dan dilestarikan oleh generasi penerus bangsa.

“Para pendahulu kita sudah berjuang mati-matian untuk menggagas yang namanya Pancasila, kalau tidak kita rawat, suatu saat nanti akan diambil negara lain,” kata Uba saat menghadiri acara Diskusi Umum dan Terbuka yang bertema Pancasila di Abad 21 di Aula Unrika, Batuaji, Batam, Sabtu (19/8).

Menurutnya, generasi muda yang paham Pancasila bukan sekedar menghafal teks tapi memahami konteks dari poin-poin yang ada.

“Tugas kita harus bisa memahami lebih jauh tentang makna Pancasila, bukan sebatas dogma dan ideologi bangsa saja,” jelasnya.

Dia menambahkan, sila Keadilan Sosial menjadi tanggung jawab dan tantangan besar negara kepada rakyat. Dalam arti bagaimana caranya supaya semua lapisan masyarakat menikmati keadilan.

“Kekayaan negara itu tidak dikorupsi maupun disalahgunakan oleh pemerintah demi kepentingan masyarakat, itu baru namanya adil,” ujarnya.

 

 
Penulis  : Rumbo

Editor    : Roni Rumahorbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

To Top