Ini Penyebab Ekonomi Batam Lemah Menurut Anggota DPD RI | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Ini Penyebab Ekonomi Batam Lemah Menurut Anggota DPD RI

Anggota DPD RI Djasarmen Purba (Foto : Roni Rumahorbo)

BATAM – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Kepulauan Riau, Djasarmen Purba mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan perekonomian Batam lemah.

Faktor tersebut menurut pengusaha properti asal Batam ini adalah pengaruh ekonomi global yang berimbas kepada sektor galangan dan migas tidak bergairah lagi, dan unggulan-unggulan seperti elektronik dan pabrik tidak fokus.

“Salah satunya juga adalah kekurangharmonisan antara BP dan Pemko Batam, dan ini harus segera diselesaikan,” ujarnya di Kantor DPD Kepri, Batam Center, Rabu (9/8).

Djasarmen mengatakan pihaknya juga sudah melakukan pertemuan-pertemuan dengan beberapa pihak terkait untuk mencari solusi bagaimana meningkatkan kembali perekonomian di Batam.

“Tapi sampai sekarang belum juga berhasil usaha kami, padahal sudah kami lakukan semampu kami, ayo jangan hanya gara-gara konflik beberapa pihak Batam ini semakin ketinggalan,” ujarnya lagi.

Sedangkan untuk kembali meningkatkan perekonomian Batam dalam jangka pendek ini menurut dia, ada dua unggulan yakni Bandara Hang Nadim, dan perbaikan pelabuhan.

“Bandara Hang Nadim sekarang sudah bisa dikatakan menjadi unggulan yang siap menyerap banyak tenaga kerja,” jelasnya.

Dia menjelaskan, lahan yang memiliki luas sekitar 1.760 Ha tersebut disiapkan untuk pemeliharaan pesawat dan sudah melakukan MoU dengan puhak Lion Air dan Garuda.

“Tapi kalau bisa MoU jangan hanya dengan dengan penerbangan nasional saja, bila perlu dengan maskapai penerbangan luar negeri seperti Qatar, Singapura bahkan Australia,” terangnya.

 

 
Penulis : Roni Rumahorbo

Editor   : Rudiarjo Pangaribuan

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

SWARAKEPRI.COM merupakan portal berita terdepan di Batam dan Kepulauan Riau

SWARAKEPRI.COM Design by Batam Visual

To Top