Ini Tipe Rekan Kerja yang harus Diwaspadai | SWARAKEPRI.COM
GAYA

Ini Tipe Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai

JAKARTA – Rekan kerja yang baik dan menyenangkan merupakan salah satu faktor yang bisa membuat Anda semangat bekerja di kantor.

Namun, ada baiknya Anda tetap waspada. Dunia kerja adalah persaingan. Bisa saja dibalik sikap ramah seorang rekan kerja, tersimpan suatu ambisi besar dalam dirinya untuk bisa mengalahkan Anda dalam hal berkarier, terlebih dengan cara yang licik.

Jadi, mulailah waspada jika ada rekan kerja yang menunjukkan sikap seperti berikut ini:

Si Penjilat
Jika ada suatu prestasi atau proyek yang berhasil dikerjakan oleh tim, maka dialah yang pertama kali memajang dirinya di hadapan atasan. Tipe penjilat juga dikenal hobi ‘cari muka’. Dia pun tidak pernah ragu untuk mengajukan diri menjadi juru bicara tim setiap kali ada kesuksesan yang diraih oleh tim. Padahal, kesuksesan itu adalah hasil kerja tim.

Tidak jarang, Anda bisa melihat dia mencari perhatian orang-orang penting di tempat kerja dengan berpura-pura sebagai orang yang paling sibuk ketika atasan sedang mengawasi.

Si  Backstabber
Anda harus hati-hati dengan si backstabber alias tukang tusuk dari belakang! Pasalnya, kemungkinan besar Anda tidak menyadari sifat aslinya karena ia pandai bersikap manis dan berpura-pura ramah terhadap Anda. Padahal, di belakang Anda, ia sering menyebarkan cerita-cerita negatif tentang Anda.

Rekan yang hobi menusuk dari belakang tak segan untuk mengkhianati Anda demi mengejar kepentingan pribadinya.

Bisa juga ia dengan sengaja mengajak Anda untuk bersantai diri ketika Anda sedang mengejar deadline, padahal ia sudah selesai mengerjakan tugasnya sejak kemarin.

Si Tukang Adu
Waspadalah pada si tukang adu. Biasanya mereka memiliki mental korban, sehingga  bertindak seolah-olah dirinya kerap dirugikan oleh rekan-rekan kerjanya yang lain. Padahal, tidak demikian kenyataannya.

Rekan kerja seperti ini biasanya sering mengadu ke atasan maupun HRD. Sebaiknya, hindari bergaul dengan rekan kerja seperti ini. Anda tak pernah tahu apa yang ia sampaikan tentang Anda kepada atasan atau HRD Anda.

Si Pengaruh Buruk
Jangan sampai Anda bergaul dengan rekan kerja yang membawa pengaruh buruk, karena ia bisa merusak karier Anda.

Si pembawa pengaruh buruk biasanya rajin mengajak Anda bergosip, membicarakan keburukan orang lain, mengajarkan Anda untuk bersenang-senang dan menghamburkan uang, ataupun mengajak Anda bermalas-malasan saat jam kerja. Tentu saja, jika mudah terpengaruh, Anda akan merasa bergaul dengannya adalah hal yang mengasyikan.

Anda punya rekan kerja seperti ini? Sebelum Anda terbawa terlalu jauh, coba evaluasi kembali apa tujuan karier yang ingin Anda raih. Jika Anda tetap permisif dengan kehadiran rekan kerja seperti ini, sama artinya Anda rela melepas kesempatan Anda untuk meraih karier yang lebih baik.

Si Tukang Kritik
Kritik pedas selalu keluar dari mulut si tukang kritik. Anda mungkin senang bila mendengar kritik dan saran yang membangun, tapi tukang kritik yang satu ini selalu melemparkan kritik untuk menjatuhkan rekan kerjanya. Tentunya menyebalkan, bukan?

Terus-menerus bergaul dengan rekan kerja yang hobi mengritik bisa membuat Anda merasa rendah diri. Alhasil, performa kerja Anda ikut menurun seiring dengan turunnya rasa percaya diri Anda.

Si Tukang Bully
Tipe karyawan “tukang bully” hobi menggertak rekan kerjanya karena merasa iri dengan prestasi orang lain tempat kerja.

Bukan hanya mengancam dan membuat resah rekan kerja dengan perkataan yang menusuk hati, dia pun bisa tega melakukan tindakan yang lebih jahat untuk mengerjai orang lain, termasuk Anda.

Misalnya, merusak kendaraan Anda hingga memfitnah Anda. Butuh mental baja untuk menghadapi si tukang bully. Jika mental Anda tak kuat, bisa jadi Anda memilih untuk mengundurkan diri dari tempat kerja demi menghindari dia.

TEMPO

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top