Investor Kabur, BP Batam Kemana? | SWARAKEPRI.COM
BATAM

Investor Kabur, BP Batam Kemana?

BATAM – swarakepri.com : Kaburnya owner PT Sun Creation Indonesia(SCI) tanpa ada alasan jelas telah menimbulkan ketidakpastian atas nasib 730 orang pekerja yang belum menerima gaji satu bulan terakhir dan Tunjangan Hari Raya(THR).

Badan Pengusahaan(BP) Batam yang paling bertanggung jawab atas kaburnya investor ini justru dianggap tidak mampu menjalankan tugasnya dalam melakukan pengawasan.

Dalam Rapat Dengar Pendapat(RDP) di Komisi IV DPRD Batam, hari ini,Senin(22/7/2013)  untuk membahas tuntutan ratusan pekerja PT SCI, BP Batam melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal(BKPM) BP Batam justru mengaku tidak mengetahui alasan kaburnya owner PT SCI dari Batam.

“Kaburnya investor dari Jepang ini diluar kebiasaan. laporan keuangan terakhir PT SCI yang kami peroleh adalah tahun 2008, selebihnya kami tidak miliki karena tidak ada aturan yang bisa memaksa investor menyerahkan laporan keuangan ke BP Batam,” elak Choirul, perwakilan BKPM BP Batam ketika ditanya mengenai aset PT SCI saat RDP.

Kepada peserta hearing yang dihadiri oleh perwakilan pekerja, managemen PT SCI di Batam dan Disnaker Batam, Choirul berjanji akan menghubungi perwakilan BKPM di Tokyo dan Osaka agar bisa berkomunikasi dengan Owner PT SCI.

Belum adanya kepastian dari Owner PT SCI akan tuntutan ratusan pekerja, Kadisnaker Kota Batam, Zarefriadi menegaskan akan tetap memperjuangkan nasib pekerja. Ia mengatakan Pemko Batam akan mengawal dan mengamankan seluruh aset PT SCI.

Terkait aset PT SCI yang ada di Batam, Shodikin selaku Ketua PUK FSPMI PT SCI Batam mengaku tidak mencukupi untuk membayar upah pekerja sebulan terakhir. “Setelah dihitung dari data aset yang sudah diberikan pihak manajemen ke kami, belum mencukupi untuk membayar gaji buruh dalam bulan ini,” ujarnya.(red)

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top