IT Fest BP Batam 2019 Ajak Anak Muda Mengenal Blockchain | SWARAKEPRI.COM
BP BATAM

IT Fest BP Batam 2019 Ajak Anak Muda Mengenal Blockchain

BATAM-Pusat Pengolahan Data dan Informasi (PDSI) Badan Pengusahaan (BP) Batam tahun ini kembali menggelar event IT Fest 2019 yang berlangsung di Gedung Pusat Teknologi Informasi BP Batam, dengan mengusung tema “Exploring Blockchain Technology, Are You Ready?”.

Seperti tahun sebelumnya event tersebut bertujuan untuk menginspirasi para anak muda untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya teknologi blockchain yang dimana masyarakat Indonesia saat ini masih minim pengetahuannya terkait sistem ini.

Pada event IT Fest kali ini mengadirkan dua narasumber yang ahli dan berpengalaman di bidang blockchain yakni
Fransiskus Dufu Awa Du’a (Business Development Manager of Indodax), dan Fendi Hidayat (Head of Department Information Technology Universitas Batam).

Fransiskus Dufu Awa Du’a menjelaskan,
blockchain merupakan sebuah sistem penyimpanan data digital yang terdiri dari banyak server (multiserver), di mana data yang dibuat oleh satu server dapat direplikasi dan diverifikasi oleh server yang lain.

“Blockchain merupakan sebuah sistem penyimpanan data digital yang terdiri dari banyak server (multiserver), di mana data yang dibuat oleh satu server dapat direplikasi dan diverifikasi oleh server yang lain,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, semua kalangan bisa masuk dan bisa berpartisipasi pada teknologi blockchain ini dan dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, di antaranya bidang keuangan dan bidang kesehatan.

Event yang digelar pukul 08:30 – 15:00 WIB itu diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan praktisi IT yang ada di kota Batam. Tak hanya mendengarkan pemaparan dari narasumber yang dihadirkan, para peserta event juga diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama narasumber seputar blockchain.

Meski blockchain tergolong cukup asing, ternyata antusiasme peserta terlihat cukup tinggi. Firman, salah satu peserta mengaku senang dapat mengikuti event IT Fest ini.

“Saya senang sekali dapat mengikuti kegiatan IT Fest dari BP Batam ini, saya yang tadinya tidak tahu sama sekali dan masih awam tentang blockchain, dengan adanya event ini saya jadi tahu tentang blockchain itu seperti apa, manfaatnya apa saja dan bagaimana penerapannya di berbagai bidang,” ujarnya.

Ia juga berharap kedepannya event serupa dapat terus diselenggarakan agar masyarakat Batam dari berbagai kalangan semakin mengetahui perkembangan inovasi teknologi khususnya yang berhubungan dengan blockchain.

“Semoga ke depannya BP Batam terus dapat menyelenggarakan kegiatan serupa sehingga dapat terus untuk mengedukasi masyarakat Batam dari berbagai kalangan untuk semakin mengetahui perkembangan inovasi teknologi khususnya yang berhubungan dengan blockchain,” pungkas Firman.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Ivan
Editor: Rumbo

KOMENTAR FACEBOOK
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Popular Post

SWARAKEPRI.COM merupakan Portal Berita Independen dan Terpercaya

PT SWARA KEPRI MEDIA 2018

To Top